The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kurangi Angka Kanker di Indonesia, Kemenkes: Penting Adanya Edukasi Masyarakat
Edukasi kanker di Mall Kota Kasablanka Jakarta, Sabtu (6/8/2022). (INDOZONE/Fitriani)
Health

Kurangi Angka Kanker di Indonesia, Kemenkes: Penting Adanya Edukasi Masyarakat

Sabtu, 06 Agustus 2022 20:30 WIB 06 Agustus 2022, 20:30 WIB

INDOZONE.ID - Deteksi dini merupakan pencegahan dan penanggulangan kanker yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Dengan dilakukannya deteksi kanker sejak dini, ini akan membantu mengurangi jumlah penyintas kanker di Indonesia.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham dan mengerti bagaimana cara mencegah kanker. Untuk itu, perlunya edukasi kepada masyarakat bagaimana cara melakukan pencegahan kanker.

Melalui acara Cancer Community Festival (CCF) 2022 yang diselenggarakan PT Kalbe Farma Tbk 'Kalbe' dengan menggandeng komunitas kanker memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penanganan kanker.

Baca juga: Heboh Sunscreen Bisa Picu Kanker Kulit, Hoax Tak Ada Bukti!

Acara yang dilakukan pada Sabtu (6/8/2022) diapresiasi oleh Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Aldrin Nellwan Panca Putra, Sp.Ak, MARS, M.Biomed, M.Kes, SH.

“Terima kasih kepada Kalbe Farma yang sudah memfasilitasi, karena ini adalah suatu momen yang sangat baik, kita bisa bertemu langsung dengan masyarakat dalam rangka mengedukasi. Karena kita tahu bahwa ada empat strategi dalam penanggulangan kanker,” tutur dr. Aldrin.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan ialah promosi kesehatan supaya masyarakat tahu, mau, dan mampu untuk melakukan penanggulangan kanker. Dengan begitu mampu menurunkan angka penyintas kanker di Indonesia.

Misalnya kanker serviks dicegah dengan menggunakan vaksin HPV human papillomavirus). Selain itu, perlunya deteksi dini dan pengobatan yang sesuai standar.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar, setuju dengan penjelasan dr. Aldrin. Dia mengatakan kalau selama pandemi semakin jarang proses deteksi dini.

Linda juga menjelaskan bahwa komunitas kanker memiliki peran yang sangat penting, karena mendengarkan langsung masukan dari para penyintas kanker serta masyarakat luas.

Selain itu, komunitas kanker juga berusaha membantu pemerintah dengan memberikan informasi, laporan, hingga saran untuk mengeluarkan kebijakan terkait kanker.

Festival CCF 2022 sendiri berlangsung 6-7 Agustus 2022 di Mosaic Walk Mal Kota Kasablanka Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US