Kasus DBD di Awal Tahun 2020 Menurun Tajam
Ilustrasi penyebaran DBD (Unsplash/???? ???????)
Health

Kasus DBD di Awal Tahun 2020 Menurun Tajam

Lebih renda dari tahun lalu

Kamis, 30 Januari 2020 21:50 WIB 30 Januari 2020, 21:50 WIB

INDOZONE.ID - Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang sering muncul pada musim hujan seperti sekarang ini. Hingga saat ini sudah ditemukan banyak pasien yang dirawat di rumah sakit akibat penyakit DBD. Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, mencatat hingga 27 Januari 2020 sudah ada 1.358 kasus DBD yang tersebar di sebelas provinsi.

"Alhamdulillah kalau dibanding tahun lalu angkanya lebih rendah. Di periode yang sama di tahun 2019 angkanya mencapai 11.224 kasus, jadi turun banyak. Penyebarannya masih terkonsentrasi di Pulau Jawa," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono, M.Kes saat ditemui Indozone, Kamis (30/1/2020) di Kuningan, Jakarta Selatan.

Data juga menunjukkan prevalensi DBD tertinggi terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya Kabupaten Sikka. Jumlah kasus  di sana mencapai 552. Selain itu, di provinsi tersebut angka kematian karena DBD juga tinggi.

"Jumlah kematian sampai saat ini 12. Di NTT 6, Jabar 3, Bengkulu 1, Jateng 1, Jatim 1. Hingga saat ini tidak ada yang menyatakan KLB (kejadian luar biasa). Namun kami terus memberikan perhatian," ujar Anung.

Dirinya mengatakan sempat muncul pertanyaan tentang faktor DBD tinggi di Kabupaten Sikka, NTT. Sebab biasanya angka di sana tidak cukup signifikan.

"Apa mungkin karena Australia kebakaran hutan dampaknya jadi ke sana? Kami lagi coba cari tahu," ucap Anung.

Di sisi lain, Anung mengatakan pemerintah sudah mengambil langkah antisipasi untuk menghadapi DBD. Sejak Oktober 2019, Kemenkes telah mengedarkan dua surat ke tingkat kabupaten/kota menyangkut DBD. Dengan begitu dinas kesehatan menjadi lebih siap.

"Mengingat pola yang terjadi di Indonesia, kasus kejadian DBD biasanya mulai meningkat pada bulan desember dan puncaknya pada bulan Januari dan Febuari," pungkas Anung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Vessy Dwi
Maria Adeline Tiara Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU