The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cetak Sejarah, Transplantasi Ginjal Babi Pertama di Dunia Kepada Manusia Berhasil
Para dokter yang melakukan transplantasi ginjal babi kepada manusia. (Photo/Reuters)
Health

Cetak Sejarah, Transplantasi Ginjal Babi Pertama di Dunia Kepada Manusia Berhasil

Rabu, 20 Oktober 2021 22:50 WIB 20 Oktober 2021, 22:50 WIB

INDOZONE.ID - Para ilmuwan baru-baru ini mentransplantasikan ginjal babi ke manusia tanpa penolakan langsung oleh sistem kekebalan tubuh. Langkah tersebut menjadi sejarah baru yang dapat membantu meringankan kekurangan organ manusia untuk transplantasi dengan menggunakan organ hewan.

Dilansir dari Reuters, Rabu (20/10/2021), transplantasi itu dilakukan di NYU Langone Health di New York City. Prosedur itu juga menggunakan ginjal babi yang gennya telah dimodifikasi untuk menyingkirkan molekul tertentu yang menyebabkan sistem kekebalan manusia menolak organ hewan.

operasi ginjal
(Photo/Reuters)

Menurut Reuters, penerima ginjal babi tersebut adalah pasien koma yang mengalami gangguan fungsi ginjal. Keluarga subjek menyetujui transplantasi ginjal babi sebelum dia dicabut alat bantu hidupnya.

Pada fase percobaan transplantasi, ginjal babi dilekatkan pada pembuluh darahnya tetapi disimpan di luar tubuh. Ini memberi peneliti akses ke ginjal selama tiga hari jika ada yang salah.

transplantasi ginjal babi
(Photo/Reuters)

Baca juga: Survei CPCS Elektabilitas Menuju Pilpres 2024: Ganjar Ungguli Prabowo

Fungsi ginjal setelah transplantasi tampaknya sejauh ini normal. Ternyata ginjal juga membuat urin sebanyak yang diharapkan dari ginjal. Faktanya, Dr. Robert Montgomery, peneliti utama studi tersebut mengatakan bahwa cara kerjanya mirip dengan ginjal manusia.

Fungsi ginjal penerima sudah normal kembali. Sebelumnya, kadar kreatinin subjek tidak normal dan sekarang tampak stabil. Para peneliti di seluruh dunia telah bekerja selama beberapa dekade untuk transplantasi ginjal hewan ke manusia. Sayangnya, penolakan langsung tetap sangat tinggi di antara penerima. Dengan transplantasi ginjal babi baru ini, segalanya mungkin akan berubah.

Menurut NarayanHealth, dikutip pada Rabu (20/10/2021), hampir 200.000 pasien di India sedang menunggu donor organ dengan hanya 15.000 donor yang tersedia. Kesenjangan ini dapat diisi dengan transplantasi hewan yang dimodelkan di sekitar yang satu ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US