Ini Alasan Minum Kopi Turunkan Risiko Kanker Kulit  Melanoma
Kopi (Pexels/Kaboompics .com)
Health

Ini Alasan Minum Kopi Turunkan Risiko Kanker Kulit Melanoma

Sabtu, 08 Februari 2020 17:03 WIB 08 Februari 2020, 17:03 WIB

INDOZONE.ID - Minum kopi memang nikmat dan buat kita jadi bersemangat. Tapi perlu kamu ketahui bahwa minum kopi dengan rutin juga dapat mengurangi risiko kanker kulit melanoma.

Kanker melanoma merupakan jenis kanker kulit yang mematikan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena kanker melanoma, misalnya saja paparan sinar ultraviolet (UV), jenis kulit, warna kulit, faktor genetik, dan lain-lain.

Makan dan nutrisi yang dikonsumsi juga menjadi faktor seseorang terkena kanker melanoma. Namun sinar ultraviolet menjadi faktor utama dari kanker ini.

Beberapa peneliti melaporkan bahwa beta karoten dan vitamin A, C, D, dan E juga memberikan efek perlindungan. Minum kopi juga dipercaya memberikan perlindungan yang lebih besar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan  mengatakan bahwa minum kopi empat cangkir sehari dapat menurunkan melanoma sebesar 20%. Hal ini dapat terjadi karena kafein dalam kopi dapat menghambat karsinogenesis atau pembentukan kanker kulit akibat sinar UV.

Meski kopi dapat mengurangi dari kanker melanoma, bukan berarti kita harus meningkatkan konsumsi kopi, tapi sebaiknya kita melakukan pencegahan dengan mengurangi kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU