The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hepatitis C: Penularan Hingga Gejala Hepatitis C
Ilustrasi hepatitis C (medpagetoday)
Health

Hepatitis C: Penularan Hingga Gejala Hepatitis C

Kamis, 03 Desember 2020 12:16 WIB 03 Desember 2020, 12:16 WIB

INDOZONE.ID - Hepatitis C adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Hepatitis dapat berlangsung lama dan kadang-kadang berlangsung dalam waktu singkat. Virus hepatitis C dapat menyebabkan hepatitis kronis dan akut.

Hepatitis C kronis merupakan penyakit hati kronis yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan manusia. Ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti sirosis hati, kerusakan hati, kanker hati, dan bahkan kematian.

Virus hepatitis C atau HVC ditularkan melalui darah, itu artinya dapat terinfeksi jika virus bersentuhan secara langsung dengan darah.

Dilansir dari Ezinearticles, berikut ini beberapa cara memungkinkan kamu terpapar virus HVC:

  • Transfusi darah atau produk darah yang tidak diskrining
  • Menggunakan jarum suntik atau pisau bekas
  • Perawatan kesehatan yang tidak tepat
  • Praktik seksual yang menyebabkan pajanan darah.

Selain itu hepatitis C juga dapat ditularkan dari ibu ke bayinya yang baru lahir, ini terjadi jika salah satu orangtua bayi mengalami hepatitis C.

Sementara itu untuk gejalanya, kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala pada periode awal.Masa inkubasi virus dapat berkisar dari dua minggu hingga enam bulan.

Mereka yang mengalami infeksi akut mungkin mengalami gejala kulit kuning pucat seperti penyakit kuning, kecenderungan muntah, sakit perut, nafsu makan menurun, kelelahan terus-menerus, urin gelap, dan kotoran berwarna terang.

Hepatitis C adalah penyakit yang sangat mematikan, itulah kenapa perlu perlindungan dan penanganan untuk menghindarinya sebisa mungkin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US