The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Seberapa Efektif Vaksin untuk Cegah Virus?
Ilustrasi vaksin. (Pexels/Cottonbro)
Health

Seberapa Efektif Vaksin untuk Cegah Virus?

Bagaimana vaksin Covid-19?

Senin, 26 Oktober 2020 13:10 WIB 26 Oktober 2020, 13:10 WIB

INDOZONE.ID - Mengapa vaksin begitu penting diberikan pada anak-anak maupun orang dewasa? Dilansir dari CDC, vaksinasi adalah pemberian zat yang mengandung virus atau bakteri yang sudah dilemahkan dengan cara disuntikkan.

Pemberian vaksin ini sangat penting karena dapat membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit. Ketika virus yang sesungguhnya datang menyerang tubuh, maka antibodi dalam tubuh akan melawannya.

Ini adalah sistem pencegahan yang sangat berguna dan membantu anak-anak melawan suatu penyakit. Dengan begitu, tubuh anak-anak terlindungi tanpa harus menderita penyakit terlebih dahulu.

Manfaat ini pulalah yang diharapkan dari pemberian vaksin virus corona. Namun, hingga kini belum ditemukan vaksin yang benar-benar dapat membuat orang terhindar dari virus corona.

Karena virus corona adalah jenis virus baru, beberapa negara masih berlomba menciptakan vaksin dan menguji cobanya.

Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO), saat ini belum ada vaksin yang tersedia untuk mencegah virus corona. Namun banyak gejala yang bisa diobati dan mendapatkan perawatan dini dari penyedia layanan kesehatan untuk mengurangi bahaya Covid-19.

Di Indonesia sendiri, pemberian vaksin virus corona direncanakan akan dilakukan pada November 2020. Ada tiga sumber vaksin yang dimaksud, yaitu vaksin produksi Sinovac dan Sinopharm dari Tiongkok, serta AstraZeneca dari Inggris.

Selain itu, pengembangan vaksin di dalam negeri juga sedang dikembangkan oleh Bio Farma dan Lembaga Eijkman. Saat ini, pengembangan vaksin telah memasuki beberapa pengujian. Vaksin ini baru akan diproduksi pada Januari 2021.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US