The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Manfaat Penting Minum Air Putih Hangat saat Sahur
Manfaat minum air putih hangat saat sahur (Pexels/Daria Shevtsova).
Health

6 Manfaat Penting Minum Air Putih Hangat saat Sahur

Bukan air dingin.

Rabu, 21 April 2021 03:53 WIB 21 April 2021, 03:53 WIB

INDOZONE.ID - Minum air putih memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di bulan Ramadan aturan makan dan minum air menjadi berubah dan tetap harus disesuaikan untuk tubuh.

Kebanyakan orang lebih suka meminum kopi atau teh setiap bangun tidur karena dianggap bisa memberikan kesegaran untuk tubuh. Namun justru meminum air putih lah yang lebih memberikan manfaat untuk kesehatan.

Ketimbang air dingin, meminum air hangat saat sahur secara rutin ternyata dapat memulihkan tubuh dan menyediakan tenaga untuk pencernaan. Sisa metabolisme yang bisa menumpuk dalam sistem kekebalan tubuh juga akan berkurang jika kita meminum air putih.

Baca juga: Mana Yang Bagus Untuk Berbuka, Air Hangat Atau Air Dingin?

"Dokter menyarankan untuk minum air putih hangat di pagi hari, biasanya disertai dengan perendaman lemon yang kaya pelifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh," ujar Stella Metsovas, pakar ilmu pangan dan nutrisi, kepada Medical Daily. 

Manfaaat air putih untuk menjaga ketahanan tubuh tentu sangat berguna saat bulan puasa. Selain itu ada enam manfaat lain air putih hangat yang diminum saat sahur.

1. Membersihkan Usus

Meminum air hangat bisa berguna untuk membersihkan usus.
Meminum air hangat bisa berguna untuk membersihkan usus (Pexels/Adrienn)

Secangkir air hangat yang diminum kala sahur akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air dan cairan lainnya akan membantu meleburkan makanan yang ada di dalam prut dan mencaga agar pencernaan tetap stabil.

Sementara itu, air hangat bakal lebuh mempercepat dan mempermudah proses pencernaan. Namun sebaliknya, jika meminum air dingin sebelum atau sesudah makan, maka dapat menimbulkan penumpukan lemak.

2. Cegah Sembelit

Sembelit bisa dikurangi dengan minum air putih hangat
Sembelit bisa dikurangi dengan minum air putih hangat (Pexels/Adrienn)

Sembelit merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Sembelit dapat mengganggu aktivitas sehingga kondisi perut yang sehat akan membuat ibadah yang Anda lakukan di bulan Ramadan menjadi lebih nyaman.

Meminum air hangat saat keadaan perut kosong ternyata dapat membantu kinerja gerak usus bagian bawah dan juga mencegah sembelit. Proses pencernaan akan menjadi lebih mudah dengan bantuan air hangat dan saat mengalami sembelit, air hangat juga akan membantu keadaan perut menjadi normal kembali.

3. Mengurangi rasa sakit

Air dengan campuran potongan lemon
Air dengan campuran potongan lemon (Pexels/Julia Zolotova).

Air hangat merupakan 'obat rumahan' yang ampuh untuk meredakan rasa sakit. Dengan suhu hangat cenderung panas, air tersebut dapat meredakan nyeri perut dan juga sakit kepala. Hal tersebut karena air hangat memiliki efek meneangkan perut dan meredakan keram perut atau kejang otot.

4. Mengurangi berat badan

Air hangat membantu untuk mengurangi berat badan.
Air hangat membantu untuk mengurangi berat badan (Pexels/Cotonbro).

Walaupun tidak makan selama setengah hari penuh, namuna supan makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka puasa ternyata bisa menyebabkan berat badan naik. Dengan meminum air putih hangat ketika sahur, maka temperatur tubuh Anda akan ikut naik sehingga memungkinkan tubuh untuk membakar kalori.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Ketika meminum air hangat, lemak yang menumpuk akan ikut luruh bersama dengan timbunan di sistem saraf. Racun-racun yang ada dalam tubuh juga akan terdorong keluar sehingga sirkulasi darah menjadi lebih baik.

6. Cegah penuaan dini

Keriput menjadi salah satu hal yang ditakuti wanita seiring dengan pertambahan usia. Dengan rajin meminum air hangat, maka racun di dalam tubuh yang menyebabkan penuaan bisa terbuang. Air hangat juga dapat memperbaiki sel kulit dan menambah kelenturan tubuh.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US