The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Mitos yang #KAMUHARUSTAU Tentang Penyakit Influenza, Benarkah Cuma Kepada Anak-anak?
Ilustrasi influenza. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Health

4 Mitos yang #KAMUHARUSTAU Tentang Penyakit Influenza, Benarkah Cuma Kepada Anak-anak?

Minggu, 01 Mei 2022 21:30 WIB 01 Mei 2022, 21:30 WIB

INDOZONE.ID - Influenza adalah infeksi virus pernapasan musiman yang mempengaruhi semua kelompok umur dan menyebar dengan mudah dari orang ke orang lain.

Dilansir MSN, Dr. Rajiv Kovil, konsultan ahli diabetes di Pusat Perawatan Diabetes di Mumbai mengatakan bahwa semua orang dewasa yang ditemui dengan influenza, 60% kasus mengalami komplikasi ringan hingga parah.

Meski demikian, influenza adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin dan dapat memberikan kemudahan pencegahannya lebih besar daripada harus mengalami komplikasi. Oleh karena itu, ini empat mitos umum tentang penyakit influenza.

influenza
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Mitos: Influenza tidak begitu serius, jadi tidak perlu mendapatkan vaksin.

Fakta: Sering disalahartikan sebagai flu biasa, flu diabaikan. Namun, influenza adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan rawat inap, terutama di antara individu yang berisiko, seperti mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes dan hipertensi.

Orang yang sehat sekalipun dapat terkena flu, sementara akan membahayakan orang-orang yang mereka temui, seperti anak-anak, orang tua, dan wanita hamil. Oleh karena itu suntikan flu sangat penting tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk memastikan perlindungan berlapis bagi orang yang kita cintai dan masyarakat pada umumnya.

influenza
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Mitos: Vaksin flu hanya untuk anak-anak.

Fakta: Vaksinasi influenza tahunan direkomendasikan untuk semua orang. Vaksinasi influenza, selain manfaatnya bagi anak-anak, telah terbukti bermanfaat bagi orang dewasa, terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta.

Menurut penelitian, suntikan flu mengurangi rawat inap terkait influenza atau pneumonia untuk penderita diabetes hingga 80%. Oleh karena itu, mendapatkan suntikan flu adalah kunci untuk mengurangi risiko komplikasi terkait influenza pada orang dewasa juga.

influenza
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Mitos: Saya sudah divaksinasi Covid-19, jadi saya aman.

Fakta: Vaksinasi Covid-19 tidak melindungi terhadap flu atau sebaliknya, karena setiap vaksin spesifik untuk virus yang menjadi sasaran vaksin itu.

Karena vaksin tidak menawarkan perlindungan silang antara influenza dan Covid-19, penting untuk mendapatkan keduanya tepat waktu. 

Vaksinasi flu adalah metode utama dan satu-satunya yang paling hemat biaya untuk mencegah influenza dan dapat mencegah 70-90% penyakit spesifik influenza di antara orang dewasa yang sehat.

Orang-orang juga disarankan untuk mendapatkan suntikan flu tahunan dua minggu sebelum musim flu di wilayah mereka. Jadwal dapat didiskusikan dengan praktisi medis seseorang.

vaksin influenza
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Mitos: Anda tidak perlu mendapatkan suntikan flu jika sudah mendapatkannya dalam satu tahun terakhir.

Fakta: Mendapatkan suntikan flu setiap tahun penting untuk memastikan perlindungan yang optimal dan berkelanjutan terhadap virus dan varian influenza yang berkembang pesat.

Sejak perlindungan kekebalan dari vaksin flu menurun dari waktu ke waktu, vaksin terus diperbarui untuk beradaptasi dengan varian virus yang saat ini beredar selama musim flu tahun ini.

Karena strain influenza bermutasi setiap tahun, suntikan flu tahunan ini sesuai dengan rekomendasi dan pedoman WHO, berdasarkan pembaruan pengawasan global berkelanjutan dan oleh karena itu menawarkan perlindungan terbaik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US