The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Yoga Internasional: Berikut 5 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi yoga. (Freepik)
Health

Hari Yoga Internasional: Berikut 5 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental

Selasa, 21 Juni 2022 14:46 WIB 21 Juni 2022, 14:46 WIB

INDOZONE.ID - Hari Yoga Internasional diperingati setiap tanggal 21 Juni. Tahun ini peringatan Hari Yoga Internasional bertema "Yoga for Humanity', artinya Yoga untuk Kemanusiaan.

Yoga merupakan olahraga yang populer dikalangan masyarakat, tak heran jika olahraga yang satu ini banyak dilakukan, mulai dari yang muda sampai yang tua.

Yoga tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi juga baik bagi kesehatan mental.

Baca juga: Jelang Hari Yoga Internasional, Yuk Ketahui 3 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan

Dilansir webmd.com, berikut ini beberapa manfaat yoga untuk kesehatan mental yang harus kamu pahami berhubung hari ini peringatan Hari Yoga Internasional.

1. Melepaskan kimia di otak

Kebanyakan olahraga memicu pelepasan bahan kimia, sehingga membuat nyaman. Bahan kimia yang meningkatkan suasana hati ini termasuk pembawa pesan otak seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin.

Meskipun gerakan yoga lambat dan terkontrol, yoga tetap meningkatkan detak jantung, membuat otot bekerja keras, dan merangsang pelepasan bahan kimia otak. Hasilnya, yoga bisa membuat kamu lebih bahagia.

2. Meringankan depresi

Sebuah studi menunjukkan bahwa yoga dapat meredakan depresi. Para peneliti menemukan bahwa yoga sebanding dengan perawatan lain, seperti pengobatan dan psikoterapi.

Bahkan dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan depresi mayor.  Meski demikian, manfaat yoga untuk depresi membutuhkan lebih banyak penelitian karena tidak banyak uji coba.

3. Mengurangi stres

Sebuah survei di Amerika Serikat mengatakan yoga membantu mengatasi stres. Pengencangan dan relaksasi otot dapat mengurangi ketegangan. Kamu juga dapat memperoleh manfaat dari suasana damai, musik yang menenangkan, dan sikap positif yang akan kamu temukan di sebagian besar kelas yoga.

4. Meredakan kecemasan

Yoga dapat membantu meredakan kecemasan, gerakan yoga pernapasan termasuk yoga yang efektif, karena terdapat hubungan antara kecemasan dan pernapasan.

Jika kamu telah didiagnosis dengan gangguan kecemasan , yoga mungkin tidak membantu. Namun, beberapa psikolog menggunakan yoga untuk melengkapi bentuk terapi lainnya.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam sebuah studi, seorang peserta yoga di atas usia 60 tahun melaporkan peningkatan kualitas dan kuantitas tidur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US