The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berapa Banyak Karbohidrat yang Harus Dimiliki Setiap Orang Dalam Sehari?
Ilustrasi makanan karbohidrat (freepik)
Health

Berapa Banyak Karbohidrat yang Harus Dimiliki Setiap Orang Dalam Sehari?

Minggu, 18 Oktober 2020 15:53 WIB 18 Oktober 2020, 15:53 WIB

INDOZONE.ID - Karbohidrat adalah makronutrien penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi, sehingga fungsi tubuh bekerja dengan baik.

Meski baik asupan karbohidrat yang berlebihan dikaitkan dengan penambahan berat badan, kesehatan jantung, dan bahkan diabetes.

Karbohidrat diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah, yang merupakan perhatian utama bagi penderita diabetes. Ini sering membuat mereka bertanya-tanya berapa banyak karbohidrat yang cukup untuk setiap harinya.

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa oleh sistem pencernaan kita, yang memasuki aliran darah kita dan kemudian ke sel dengan bantuan insulin, di mana ia digunakan sebagai sumber energi.

Ketika menderita diabetes tubuh kita tidak menghasilkan cukup insulin atau mengalami masalah dalam pemanfaatannya. Karena itu, glukosa tetap berada di dalam darah, sehingga meningkatkan jumlah kadar gula darah.

Sumber karbohidrat yang sehat tidak buruk bagi penderita diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks yang tidak langsung meningkatkan kadar gula darah dan tidak terlalu buruk bagi kesehatan.

Karbohidrat terdiri dari tiga sumber yakni, gula, serat, dan pati. Gula dan pati meningkatkan gula darah, sementara serat tidak.

Lalu berapa banyak karbohidrat yang harus dimiliki dalam sehari?

Tidak ada jumlah pasti berapa banyak karbohidrat yang harus dimiliki, karena setiap individu berbeda, begitu juga dengan kebutuhan mereka.

Karena karbohidrat penting bagi tubuh, mengonsumsinya lebih sedikit bisa menyebabkan kelelahan. Jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US