The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Metode Persalinan atau Cara Melahirkan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil
Persalinan (Photo/istock/Prostock-Studio)
Health

6 Metode Persalinan atau Cara Melahirkan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Selasa, 26 Januari 2021 21:11 WIB 26 Januari 2021, 21:11 WIB

INDOZONE.ID - Memasuki trimester ketiga, ibu hamil akan mulai berpikir untuk memilih metode persalinan atau cara melahirkan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan.

Memilih persalinan yang pas dapat mengurangi rasa sakit dan khawatir berlebihan yang dialami ibu hamil, sehingga proses persalinan akan berjalan lancar.

Metode persalinan ternyata tak hanya sebatas normal dan caesar. Ada jenis persalinan lainnya yang bisa kamu coba. Namun pastikan kamu juga berkonsultasi dengan dokter kandungan, ya.

Pilihan Jenis Persalinan

Kalau kamu masih belum bisa menentukan akan melahirkan dengan cara seperti apa, berikut Indozone bagikan enam metode persalinan atau cara melahirkan yang perlu diketahui oleh ibu hamil.

1. Vaginal Birth

melahirkan normal
Photo/istock/kieferpix

Vaginal birth atau persalinan normal adalah metode melahirkan melalui vagina, dengan cara mengejan. Proses persalinan normal dapat berlangsung 6 hingga 24 jam tergantung kondisi ibu dan janin.

Proses persalinan normal dapat dijalani secara alami atau dengan bantuan alat. Bantuan alat seperti vakum, dilakukan untuk menarik bayi keluar ketika ibu sudah kehabisan tenaga saat mengejan.

2. Gentle Birth

persalinan gentle birth
Photo/istock/Amax Photo

Gentle birth adalah proses persalinan yang dilakukan tanpa berbaring, melainkan berdiri, jongkok, atau setengah duduk. Cara melahirkan ini dapat menghindari vagina koyak berlebihan.

Melahirkan dengan metode gentle birth tidak memerlukan paksaan. Sang ibu akan merasa seperti buang air besar, sehingga bayi bisa mencari jalan keluarnya sendiri.

3. Water Birth

water birth
Photo/istock/ideabug

Metode persalinan water birth merupakan cara melahirkan yang dilakukan di dalam air. Selama proses bersalin, ibu hamil akan berendam di air hangat, untuk menimbulkan rasa nyaman.

Bayi yang lahir dan bersentuhan dengan air hangat, juga akan lebih tenang karena merasa dikelilingi oleh cairan ketuban. Namun pastikan terlebih dahulu kondisi ibu dan bayi sehat dan optimal.

4. Home Birth

home birth
Photo/istock/x-reflexnaja

Home birth atau melahirkan di rumah, masih sering dilakukan masyarakat Indonesia yang jauh dari pelayanan kesehatan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih metode home birth.

Diantaranya adalah tidak mengandung anak kembar, kondisi tubuh yang fit, pernah melahirkan sebelumnya, tidak memiliki riwayat diabetes atau darah tinggi, dan kehamilan yang normal.

5. Hypno Birth

hypno birth
Photo/istock/paulaphoto

Hypno birth merupakan metode persalinan yang cocok diterapkan bagi ibu hamil yang takut melahirkan. Hal ini karena hypno birth menggunakan teknik relaksasi dan hipnosis.

Cara melahirkan hypno birth akan membuat sang ibu mampu mengendalikan dirinya sendiri, sehingga merasa lebih nyaman, tenang bahkan jadi menyenangkan.

6. Caesar

persalinan caesar
Photo/istock/Reynardt

Persalinan dengan operasi caesar adalah cara melahirkan dengan melakukan sayatan pada perut ibu untuk mengeluarkan bayi. Operasi caesar biasanya dilakukan jika melahirkan secara normal tidak memungkinkan.

Hal tersebut terjadi bila ada masalah darurat atau kondisi yang membahayakan nyawa ibu dan bayi. Namun, operasi caesar juga bisa menjadi pilihan jika sang ibu yang meminta.

Itulah enam metode persalinan atau cara melahirkan yang bisa dipilih oleh para ibu hamil. Apa pun jenis persalinannya, keselamatan ibu dan bayi adalah yang utama. Semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US