The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh, Yuk Jadikan Sebagai Pola Hidup Sehat!
Ilustrasi sarapan pagi (Unsplash/@thoughtcatalog)
Health

5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh, Yuk Jadikan Sebagai Pola Hidup Sehat!

Selasa, 08 September 2020 11:18 WIB 08 September 2020, 11:18 WIB

INDOZONE.ID - Pada dasarnya, manfaat sarapan pagi bagi tubuh sangat penting. Namun, entah karena waktu mepet atau alasan lain, orang-orang masih sering melewatkan sarapan pagi.

Sejak kecil, orang tua pasti selalu mengingatkan kita untuk tidak lupa sarapan pagi. Selain memberi energi, manfaat sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi, terutama bagi pelajar dan pekerja.

Manfaat Sarapan Pagi Setiap Hari Bagi Tubuh

Layaknya kendaraan, tubuh selalu membutuhkan 'bahan bakar' untuk memulai aktivitas di pagi hari. Karena itulah mengapa sarapan pagi tidak boleh dilewatkan.

Jika selama ini kamu seringkali sepele dengan sarapan pagi, mulai sekarang cobalah untuk menyempatkan diri sarapan setiap hari.

Dengan begitu, akan merasakan sendiri manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh, seperti yang akan Indozone ulas dalam artikel berikut.

1. Memberi Energi untuk Beraktivitas

manfaat sarapan pagi setiap hari bagi tubuh
Ilustrasi sarapan pagi (Unsplash/@heftiba)

Sebelum menjalankan aktivitas harian, tentu saja tubuh memerlukan energi yang cukup, salah satunya dengan sarapan pagi. Manfaat sarapan pagi akan membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah. 

Menurut penelitian yang diterbitkan International Journal of Gastronomy and Food Science, disebutkan bahwa manfaat sarapan pagi dengan makanan bergizi seimbang akan memberikan energi sepanjang hari.

Agar gizi tubuh tetap seimbang, konsumsi makanan mengandung karbohidrat dan protein seperti nasi dan telur sebagai menu sarapan pagi. Akan lebih bagus lagi jika ditambahkan sayur dan buah-buahan.

2. Menjaga Konsentrasi dan Fokus

manfaat sarapan pagi bagi tubuh meningkatkan konsentrasi dan fokus
Ilustrasi manfaat sarapan pagi meningkatkan fokus (Unsplash/@chaseelliottclark)

Manfaat sarapan pagi memberi pengaruh penting pada tingkat konsentrasi dan fokus selama beraktivitas, apalagi bagi para pekerja dan pelajar yang terus berpikir sepanjang hari.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh menurunkan risiko penyakit
Ilustrasi sarapan pagi (Unsplash/@thoughtcatalog)

Sistem kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi, tidak terkecuali ketika sarapan pagi.

Salah satu manfaat sarapan pagi yaitu meningkatkan sistem imun tubuh sehigga menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti maag kronis, asam lambung, sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Dengan rutin sarapan setiap hari membuat lambung tetap terisi makanan sehingga meminimalisir asam lambung dan sakit maag. Selain itu, serat pada makanan akan melancarkan buang air besar (BAB).

Menurut studi Kevin C Maki tahun 2016, orang yang rajin sarapan pagi dengan makanan berserat tinggi seperti gandum, sayur, dan buah-buahan, berisiko rendah terkena diabetes tipe 2.

4. Mencegah Makan Berlebihan

manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh mencegah makan berlebihan
Ilustrasi makan berlebihan di siang hari (Unsplash/@sanderdalhuisen)

Tidak sarapan pagi akan membuat kamu sangat kelaparan di siang hari. Alhasil, kamu terdorong untuk konsumsi lebih banyak camilan ketimbang makanan berat seperti nasi.

Keseringan ngemil dapat menyebabkan kegemukan seiring waktu. Karena itulah, manfaat sarapan pagi membantumu mengontrol nafsu makan sehingga risiko obesitas dapat diminimalisir.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

manfaat sarapan pagi setiap hari bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi timbangan berat badan (Unsplash/@yunmai)

Setelah semalaman tidur, tubuh pasti butuh asupan nutrisi di pagi hari. Untuk itulah, penting sekali untuk membiasakan diri sarapan pagi.

Manfaat sarapan pagi tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga menjaga berat badan ideal, menyeimbangkan kalori tubuh, dan meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak.

Melansir dari webmd.com, orang-orang yang terbiasa sarapan pagi mampu menjaga berat badannya dibanding mereka yang tidak sarapan. Sebab, sarapan pagi bisa mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan membantu tubuh menyeimbangkan kalori.

Hal tersebut juga diperkuat dengan hasil penelitian National Weight Control Registry, yang menyebutkan bahwa orang yang rutin sarapan pagi berat badannya turun sekitar 15 kilogram dalam setahun.


Nah, itulah beberapa manfaat sarapan pagi bagi tubuh. Mulai sekarang, jadikan sarapan pagi sebagai bagian dari pola hidup sehat kamu, ya. Jangan lewatkan sarapan sehat setiap hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US