The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Bayi Lahir Cacat, Ini yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil oleh Ardina Rasti (Instagram/@ardinarasti)
Health

Cegah Bayi Lahir Cacat, Ini yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil

Menjaga asupan makanan bergizi

Rabu, 15 Januari 2020 13:05 WIB 15 Januari 2020, 13:05 WIB

INDOZONE.ID - Banyak aspek kesehatan yang harus diperhatikan ibu hamil. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan bergizi untuk perkembangan si janin.

Di sisi lain, ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah, akibatnya asupan gizi tidak dapat masuk dengan baik. Untuk mengatasi masalah itu, ibu hamil bisa meminum suplemen zat gizi mikro.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Kirana Pritasari menjelaskan gizi mikro adalah zat-zat yang terkandung di dalam makanan. Ada zat tertentu yang ketersediaan jumlahnya harus cukup, dari asupan makanan harus banyak, seperti sayuran hijau.

"Tapi kalau kebutuhan banyak dan harus makan banyak kan tidak mungkin. Jadi itu dibentuk ke dalam kapsul, satu saja cukup," jelas dr. Kirana di Jakarta, Selasa (13/1/2020).

Ilustrasi ibu hamil dan dokter (Instagram/@p2ptmkemenkesri)
Ilustrasi ibu hamil dan dokter (Instagram/@p2ptmkemenkesri)

Kapsul zat mikro mengandung asam folat, vitamin B6, hingga zat besi untuk menurunkan kesakitan dan kematian ibu. Kandungan vitamin B6 disebutkan penting untuk darah dan mendorong sistem saraf bayi yang terbangun di awal kandungan.

"Vitamin B6 mendorong perkembangan sistem saraf yang terbentuk di awal kehamilan, jadi mencegah bayi lahir cacat," lanjut dr. Kirana.

Selain itu, ibu hamil juga harus memperhatikan potensi anemia yang disebabkan kurangnya sel darah merah. Sebab anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir stunting.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu lama. Stunting baru terlihat saat bayi berusia dua tahun dengan tinggi badan di bawah standar.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US