Kunyit Asam dan Air Kelapa Bisa Melancarkan Menstruasi? Cek Faktanya
Kunyit asam perlancar menstruasi (Naomi Whittel)
Health

Kunyit Asam dan Air Kelapa Bisa Melancarkan Menstruasi? Cek Faktanya

Benarkah demikian?

Senin, 17 Februari 2020 21:20 WIB 17 Februari 2020, 21:20 WIB

INDOZONE.ID - Setiap bulan, perempuan yang masih berada dalam usia reproduktif pasti mengalami menstruasi. Kecuali jika sedang hamil atau mengalami masalah dengan hormonnya. Saat menstruasi, perempuan terkadang menemui masalah.

Masalah yang dihadapi antara satu perempuan dengan perempuan lain biasanya berbeda. Walau tak jarang masalah yang ditemui sama. Contohnya aliran darah menstruasi yang tidak lancar.

Beberapa orang biasanya ada yang mengonsumsi ramuan minuman tertentu untuk memperlancar menstruasinya. Sebut saja kunyit asam dan air kelapa. Tapi secara medis,benarkah minuman-minuman tersebut dapat memperlancar menstruasi?

Air kelapa
Air kelapa (Indiamart)



"Kami (dokter) tidak belajar tentang herbal, jadi saya sulit menjawab. Sebenarnya istilah melancarkan menstruasi itu istilah orang awam," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi, Dr. dr Kanadi Sumapradja, Sp. OG-KFER, M.Sc.



Ditemui dalam diskusi media belum lama ini di Jakarta, dr Kanadi mengatakan istilah melancarkan menstruasi itu dalam dunia kedokteran konsepnya tidak diketahui dengan jelas. Ia mencontohkan hal ini sama dengan istilah masuk angin. Para dokter belum menemukan penjelasan yang tepat untuk istilah tersebut.



Di sisi lain, dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Pondok Indah itu mengatakan, secara medis perempuan yang menstruasinya terlambat bisa menjalani terapi. Tujuan dari terapi itu tentunya untuk membuat siklus menstruasi perempuan tersebut normal.



"Jadi kalau orang menstruasinya terlambat lebih banyak diakibatkan gangguan leseimbangan hormonal. Nah, untuk memancingnya kami bisa memberikan terapi hormon," tandas dr Kanadi.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU