The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Tips Cegah Virus Corona Bagi yang Memiliki Riwayat Penyakit Jantung
Ilustrasi seorang wanita tengah terkena serangan jantung (freepik)
Health

4 Tips Cegah Virus Corona Bagi yang Memiliki Riwayat Penyakit Jantung

Saran dari dokter sepsialis jantung.

Jumat, 06 Maret 2020 14:58 WIB 06 Maret 2020, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Awal pekan ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus positif virus corona baru pertama di Indonesia. Hingga saat ini jumlah kasus positif belum bertambah, namun jumlah terduga terus bertambah sesuai yang diumumkan Dinas Kesehatan. 

Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tetap waspada serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai salah satu cara melindungi diri dari virus corona baru. Selain itu, bagi masyarakat yang memiliki penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya diminta untuk menggunakan alat pelindung diri.

Orang dengan riwayat penyakit jantung termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus corona baru. Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, dr Vito A. Damay, Sp.JP (K), M.Kes, FIHA, FICA membagikan beberapa tips bagi orang dengan penyakit jantung untuk melindungi dirinya.

1. Kontrol teratur.

Ilustrasi konsultasi dan kontrol teratur ke dokter
Ilustrasi konsultasi dan kontrol teratur ke dokter (Pexels/LinkedIn Sales Navigator)

"Kontrol untuk evaluasi kondisi jantung terkini. Terutama pada lanjut usia dan pernah punya riwayat gangguan jantung berat seperti jantung lemah, jantung bengkak, atau pernah serangan jantung, serta lainnya," ujar dr Vito kepada Indozone melalui pesan singkat, Jumat (6/3/2020).

2. Minum obat teratur

Ilustrasi minum obat teratur
Ilustrasi minum obat teratur (Pexels/freestocks)

"Minum obat yang diberikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dengan teratur, sesuai anjuran dan keperluan," kata dr Vito.

3. Konsultasi ke dokter spesialis paru

Ilustrasi konsultasi ke dokter paru
Ilustrasi konsultasi ke dokter paru (Pexels/Kamille Sampaio)

"Konsultasi untuk mempertimbangkan vaksin influenza. Hal ini menurunkan risiko infeksi virus walaupun tidak seratus persen melindungi dari semua virus. Namun baik untuk proteksi dan menurunkan risiko infeksi virus influenza," ucap dr yang berpraktik di RS Siloam Karawaci itu.

4. Jaga kebersihan diri

Ilustrasi kebersihan diri
Ilustrasi kebersihan diri (Pexels/Andrea Piacquadio)

"Rajin cuci tangan pakai air mengalir dan sabun. Jika tidak ada siapkan hand sanitizer atau alkohol 70 persen untuk membasuh tangan terutama sebelum makan," pungkas dr Vito.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
M Fadli
Maria Adeline Tiara Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US