The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Makan Semangka di Malam Hari, Ini 3 Alasannya
Ilustrasi semangka. (Pexels/Lisa Fotios)
Health

Jangan Makan Semangka di Malam Hari, Ini 3 Alasannya

Kenapa ya?

Senin, 11 Mei 2020 21:02 WIB 11 Mei 2020, 21:02 WIB

INDOZONE.ID - Siapa yang tidak suka semangka? Buah berwarna merah yang mengandung banyak air ini memang terasa menyegarkan ketika dimakan. Selain itu, semangka juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Secara alami semangka kaya akan kandungan air, nutrisi yang kuat, serta mineral seperti kalium dan likopen. Semangka dapat meringankan atau menurunkan risiko nyeri otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengandung senyawa tertentu yang memiliki sifat melawan kanker. Walau begitu makan semangka tidak boleh asal, ada waktu-waktu tertentu.

Melansir Times of India, Senin (11/5/2020), semangka sebaiknya tidak dikonsumsi di malam hari karena dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Berikut 3 dampak kesehatan apabila semangka dikonsumsi malam hari:

1. Mengganggu Sistem Pencernaan

Jangan Makan Semangka di Malam Hari, Ini Alasannya
Ilustrasi sakit perut. (Healthline)

Pencernaan lebih lambat di malam hari dan paling aktif selama pagi hari. Oleh karenanya para ahli menyarankan agar saat makan malam konsumsi makanan yang ringan dan mudah dicerna. Kadar air yang tinggi dan asam pada semangka dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan masalah perut. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan iritasi usus.

2. Tinggi Gula

Jangan Makan Semangka di Malam Hari, Ini Alasannya
Ilustrasi semangka. (Pexels/Irina Iriser)

Semangka termasuk buah yang tinggi gula. Di sisi lain sebaiknya hindari konsumsi gula di malam hari. Sebab gula dapat meningkatkan berat badan. Terlebih di malam hari aktivitas fisik sangat terbatas.

3. Memicu Frekuensi ke Kamar Mandi Lebih Sering

Jangan Makan Semangka di Malam Hari, Ini Alasannya
Ilustrasi tisu toilet. (Pexels/Hermaion)

Kandungan air dalam semangka sebanyak 92%. Oleh karenanya, makan semangka di malam hari berpotensi frekuensi ke kamar mandi yang lebih sering untuk buang air kecil. Hal ini tentu dapat menganggu tidur. Di sisi lain, dalam beberapa kasus, konsumsi semangka yang tidak terkendali dapat menyebabkan masalah retensi air, pembengkakan, dan overhidrasi tubuh.

Waktu Terbaik Makan Semangka

Guna mendapatkan manfaat maksimal dari semangka, buah ini sebaiknya dikonsumsi di siang hari. Bahkan semangka bisa dijadikan pilihan sebagai sarapan. Semangka juga bisa dijadikan camilan di sela-sela waktu makan tapi usahakan porsinya jangan terlalu banyak. Hal lain yang harus diperhatikan adalah hindari minum air putih setidaknya 30-45 menit setelah makan semangka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US