The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selain Berikan Perasaan Hangat, Ini Beberapa Manfaat Pelukan Lainnya
Manfaat pelukan. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Health

Selain Berikan Perasaan Hangat, Ini Beberapa Manfaat Pelukan Lainnya

Minggu, 05 Desember 2021 21:57 WIB 05 Desember 2021, 21:57 WIB

INDOZONE.ID - Pelukan adalah sebuah bentuk keintiman fisik yang biasanya dilakukan dengan menyentuh atau memegang erat seputar bagian badan seseorang, beberapa orang sekaligus, ataupun hewan peliharaan.

Pelukan merupakan tanda dari perasaan cinta atau kasih sayang maupun penghargaan. Pelukan bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa memandang umur, jenis kelamin, maupun antar pria dan wanita.

Memeluk, baik dalam cinta atau secara platonis, diketahui memiliki perasaan hangat dan nyaman bagi banyak orang. Bahkan, dalam studi terbaru yang diterbitkan di Acta Psychologica, orang lebih suka jika durasi pelukan itu lebih lama.

Dilakukan oleh para ilmuwan dari University of London, mereka ingin memahami lebih banyak tentang pelukan dan pengalaman di sekitar mereka. Untuk ini, mereka melakukan dua eksperimen berbeda.

Percobaan Pertama

pelukan
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Pada percobaan pertama, mereka meminta 48 wanita yang tidak saling kenal untuk memeluk seorang ilmuwan wanita. Mereka diberi penutup mata sehingga mereka tidak bisa melihat siapa yang memeluk individu tersebut.

Selain itu, penutup mata juga berarti individu tersebut tidak dapat melihat jenis pelukan yang dimulai di kedua ujungnya -baik pelukan silang atau pelukan leher-pinggang.

Baca juga: Talk About Mom: Kenali Manfaat Humor dan Ocehan Bayi Sejak Berusia Satu Bulan

Tingkat Kesenangan Pelukan

pelukan
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Setelah pelukan tersebut, para relawan diminta untuk menilai tingkat kesenangan mereka terkait pelukan tersebut. Dalam eksperimen lain, para peneliti berjalan di sekitar kampus University of London meminta pasangan yang mereka temukan untuk saling berpelukan.

Dalam beberapa kasus, pasangan itu dari jenis kelamin yang sama dan beberapa lawan jenis. Usai berpelukan, mereka diminta menilai tingkat kenikmatannya. 

Pelukan Lebih Lama

pelukan
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Responden di sini juga lebih menyukai pelukan yang lebih lama daripada pelukan yang lebih pendek. Mereka tidak menemukan banyak perbedaan kesenangan antara jenis pelukan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa pelukan yang lebih lama lebih menyenangkan daripada pelukan yang sangat pendek dan pelukan saling silang lebih umum daripada pelukan leher-pinggang," kata ilmuwan.

"Kami mengantisipasi bahwa studi yang disajikan di sini akan memberikan landasan untuk penelitian masa depan tentang sentuhan yang menyenangkan, terutama untuk penelitian tentang pelukan, yang sangat umum tetapi masih banyak dipelajari," tambah keterangan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US