The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Disebut Buah Nabi, Ini 5 Manfaat Kurma yang Menakjubkan untuk Tubuh
Kurma menjadi buah andalan untuk buka puasa hingga sahur (Pexels Naim Benjelloun)
Health

Disebut Buah Nabi, Ini 5 Manfaat Kurma yang Menakjubkan untuk Tubuh

Kurma jadi buah andalan di bulan puasa.

Kamis, 15 April 2021 12:53 WIB 15 April 2021, 12:53 WIB

INDOZONE.ID - Kurma menjadi buah yang identik dengan bulan suci Ramadan. Memiliki banyak kandungan gizi, kurma juga menyimpan manfaat luar biasa saat dikonsumsi untuk buka puasa.

Tiga butir kurma dan segelas air putih dianggap sudah cukup untuk menjadi menu awal berbuka puasa. Rasululullah SAW juga menganjurkan kurma untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

Berbagai khasiat dalam kurma menjadikan buah tersebut semakin laris manis diburu untuk menjadi takjil saat buka buasa. Berikut Indozone merangkum 5 manfaat buah kurma untuk tubuh.

Baca Juga: Rahasia Bikin Daging Cepat Empuk Tanpa Berubah Rasa, Cukup Pakai Biji Kurma

1. Mengembalikan Energi Tubuh

Energi tubuh hilang saat berpuasa
Energi tubuh hilang saat berpuasa (Foto: Pexels).

Usai berpuasa, tubuh tentu menjadi lemas dan membutuhkan asupan gizi yang tepat saat berbuka puasa. Kurma merupakan buah yang sempurna untuk menjadi menu berbuka puasa karena di dalamnya mengandung gula alami, glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang bisa mengembalikan energi tubuh.

Dilansir dari Healthline, kurma juga mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan. Dalam 100 gram kurma terdapat 7 gram serat yang berfungsi untuk mencegah sembelit hingga memyehatkan pencernaan.

2. Membuat Otak Sehat

Mengonsumsi kurma juga memberikan manfat untuk otak. Menurut riset yang diterbitkan di Neural Regeneration Research 2016 silam. Kurma menyediakan perlidungan untuk melawan inflamasi.

Penanda inflamasi nantinya berkaitan erat dengan risiko penyakit neurodegenatif tinggi seperti Alzheimer. Kurma juga mampu memberikan perlawanan untuk tekanan oksidatif pada otak.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Diabetes bisa dicegah dengan makan kurma
Diabetes bisa dicegah dengan makan kurma (pexels/nataliya-vaitkevich)

Meskipun rasanya manis, namun kurma nayatanya ampuh mencegah risiko terkena penyakit diabetes. Serat tak larut dicerna lebih lambat dalam tubuh sehingga membantu untuk mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.

Sebuah riset yang diterbitkan Nutrition Jounal juga pada 2011 juga menyebut jika kurma tak akan langsung membuat kadar gula darah melesat setelah dikonsumsi.

4. Mencegah Anemia

Jika Anda merasa terlalu mudah lelah bisa jadi Anda mengalami kekurangan zat besi alias anemia. Namun tak perlu khawatir anemia kambuh terlebih di bulan puasa karena mengonsumsi kurma bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit tersebut.

5. Menurunkan Berat Badan

(Paxels Andres Ayrton)
Kurma bisa menurunkan berat badan asal tidak dikonsumsi berlebihan (Paxels Andres Ayrton)

Berat badan yang turun saat bulan puasa mungkin menjadi idaman banyak orang terutama wanita. Namun bisa jadi mengonsumsi banyak makanan saat berbuka puasa justru membuat berat malah bertambah.

Per 100 gram kurma yang dikeringkan sebenarny mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Meski tergolong  tinggi kalori, namun mengonsumsi kurma dengan tidak berlebihan bagus untuk diet karena buah tersebut juga tinggi serat dan protein jenis tak larut.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US