The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini 5 Penyakit Kulit yang Muncul pada Pasien Covid-19, Kenali Ciri-cirinya
Ilustrasi. (ZAP Clinic)
Health

Ini 5 Penyakit Kulit yang Muncul pada Pasien Covid-19, Kenali Ciri-cirinya

Ringan hingga berat.

Jumat, 23 Juli 2021 06:05 WIB 23 Juli 2021, 06:05 WIB

INDOZONE.ID - Covid-19 dapat menimbulkan penyakit kulit pada orang yang terinfeksi, baik dengan gejala ringan maupun pada gejala berat. Mulai dari ruam hingga penyakit kulit berat.

Angka kejadian infeksi Covid-19 yang menyebabkan penyakit kulit dilaporkan sebesar 0,2-20 persen di seluruh dunia. Virus ditengarai masuk melalui saluran napas dan mukosa, lalu menyebar ke peredaran darah sistemik yang pada akhirnya menimbulkan masalah kulit.

Berikut lima penyakit kulit yang muncul akibat Covid-19:

1. Pernio/ Pseudochilblain (Covid Toes)

Pernio merupakan masalah kulit dengan tipe ringan yang muncul setelah gejala lain. Gejalanya antara lain ruam kemerahan hingga keunguan, disertai bengkak, nyeri, dan gatal. Gejala ini muncul pada jari-jari kaki dan tangan. Pernio umumnya dialami oleh anak-anak, remaja hingga dewasa muda dan berlangsung mulai dari tujuh hingga 14 hari. Pernio bisa sembuh dengan sendirinya, atau bisa juga menggunakan terapi.

"Ini biasanya disebabkan karena gangguan mikrosirkulasi. Terjadi peradangan pada pembuluh darah, kemudian alirannya menjadi tidak baik ke jari-jari, sehingga bisa muncul pernio ini. Biasanya hanya lokal, bisa pada jari-jari tangan dan jari-jari kaki. Kemudian juga dilaporkan bisa terjadi di telinga," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari ZAP Clinic, dr. Novi Junita, M. Biomed, Sp.KK, dalam webinar, Kamis (22/7/2021).

2. Morbiliform

Morbiliform memunculkan gejala ruam yang menyerupai cacar dan bisa muncul di seluruh kulit. Penyakit kulit ini umumnya dialami oleh orang dewasa hingga dewasa tua, dan lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding laki-laki.

"Ruam yang menyerupai cacar, bisa muncul di seluruh kulit kita tapi paling sering di daerah badan atau dada, kemudian menyebar ke area tangan atau kaki," kata dr. Novi.

Morbiliform muncul bersamaan atau setelah gejala Covid-19 yang lain dan bertahan selama delapan sampai 12 hari.

3. Makulopapular

Makulopapular memiliki gejala ruam merah datar, meninggi dan sering disertai dengan rasa gatal menyerupai seperti drug eruption (erupsi obat). Gejala ini dapat muncul pada tangan, kaki, dan membran mukosa. Makulopapular muncul setelah gejala Covid-19 yang lain dan dapat bertahan selama sembilan hingga 14 hari. Pasien Covid-19 yang mengalami makulopapular umumnya dewasa muda hingga tua.

BACA JUGA: Covid-19 Bisa Sebabkan Penyakit Kulit, Termasuk Pasien yang Isolasi Mandiri

4. Vesicular

Vesicular muncul ketika gandengan antar sel dirusak oleh virus, sehingga muncul gelembung-gelembung air yang berkelompok. Gejala ini muncul pada bagian tubuh, tangan, dan kaki dan dapat bertahan selama tiga sampai 14 hari. Gejala ini biasanya dialami oleh pasien Covid-19 dewasa.

5. Urticarial

Urticarial memunculkan ruam kemerahan yang meninggi dan dapat disertai bengkak dan terjadi pada orang dewasa. Urticarial muncul bersamaan atau setelah gejala Covid-19 yang lain dan bertahan selama kurang lebih tujuh hari.

"Biasanya kayak kena ulat bulu, (ruam kemerahan) meninggi. Ruam kemerahan yang meninggi (urtika) bisa disertai angioedema (biasanya ada bengkak). Jadi disertai saluran napas yang menyempit, akhirnya juga ada gejala sesak. Lokasinya di tubuh dan ekstremitas," jelas dr. Novi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US