The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-Hati! Konsumsi Vitamin D Berlebih, Bisa Sebabkan  Keracunan
Ilustrasi makanan mengandung vitamin D (stocksnap)
Health

Hati-Hati! Konsumsi Vitamin D Berlebih, Bisa Sebabkan Keracunan

Sabtu, 24 Juli 2021 15:25 WIB 24 Juli 2021, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Masa pandemi, banyak orang mencari sesuatu yang bisa menaikkan imun dalam tubuh, salah satunya adalah vitamin D. Selain menaikkan imun, vitamin D dipercaya untuk menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan.

Lantaran dipercaya bisa mengobati infeksi, vitamin D semakin diburu, bahkan beberapa waktu lalu keberadaannya sulit ditemukan lantaran masyarakat yang panic buying.

Konsumsi vitamin D dianjurkan diminum setelah makan pagi, dibarengi dengan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari. Walau dipercaya meningkatkan imun, vitamin D tak bisa begitu saja sembarangan dikonsumsi.

Jika kebanyakan dan melebihi dosisnya, maka bisa menjadi racun dan menyebabkan hipervitaminosis D. Vitamin D bekerja dalam tubuh dan menyerap kalsium serta mengedarkannya dalam darah.

Namun jika terlalu banyak dalam tubuh, maka terjadi penumpukan kalsium di darah yang disebut hiperkalsemia. Dilansir dari Insider, konsumsi vitamin D yang berlebihan dan menyebabkan penderitanya keracunan memang jarang sekali terjadi. Walaupun begitu, tetap harus mengenali gejala agar terhindar dari resiko buruk yang bisa saja terjadi.

Gejala yang timbul akibat keracunan vitamin D berupa mual, kehilangan selera makan, muntah, nyeri tulang, serta lemah dan lesu. Jika terjadi gejala tersebut, jangan dibiarkan sebab akan menimbulkan kelebihan kalsium yang akan disimpan oleh arteri dan memicu terbentuknya batu ginjal bahkan bisa merusak jantung.

Profesor dari University of California San Diego Amerika Serikat, Paul Price menyebut, kerusakan yang dialami jantung akibat kelebihan kalsium dalam darah dapat terjadi jika seseorang konsumsi vitamin D secara berlebihan dalam kurun bertahun-tahun.

Untuk mengecek seseorang yang keracunan vitamin D, dapat menggunakan tes darah guna melihat kadar kalsium yang ada dalam darah.Jika terbukti keracunan vitamin D, maka orang tersebut harus menghentikan kegiatannya konsumsi vitamin D dan vitamin lainnya, juga harus menghindari bahan pangan yang mengandung banyak vitamin D seperti susu kedelai dan ikan salmon.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US