The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kiat Mengelola Stres untuk Millenial dan Gen Z Biar Dikit-Dikit Nggak Bilang Lagi Depresi
Ilustrasi wanita. (Pexels/RODNAE Productions)
Health

Kiat Mengelola Stres untuk Millenial dan Gen Z Biar Dikit-Dikit Nggak Bilang Lagi Depresi

Selasa, 09 Agustus 2022 19:28 WIB 09 Agustus 2022, 19:28 WIB

INDOZONE.ID - Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres, tak terkecuali Millenial dan Gen Z. Penyebabnya pun bisa karena berbagai faktor, bisa karena tekanan hingga overthinking.

Menjaga kesehatan mental memang diperlukan untuk keberlangsungan hidup. Perlu dicatat bahwa mental yang sehat/baik yaitu di mana kita merasa tenang dan tentram.

Namun, menurut psikolog Liza Marielly Djaprie, M.Psi., Psikolog, CH, masih ada yang salah kaprah soal kesehatan mental. Misalnya, saat kita menangis 2 jam sudah langsung mendiagnosa sedang mengalami depresi.

Padahal, itu bisa saja hanya perasaan sedih atau terpukul yang beberapa jam kemudian akan menghilang dan kembali beraktivitas seperti biasa. Orang depresi sendiri biasanya ditandai dengan sulit tersenyum karena tekanan batin yang dialaminya.

Lantas, bagaimana cara mudah mengelola stres itu sendiri agar kesehatan mental tetap terjaga?

Untuk mengatasi stres, kamu bisa melakukan hal-hal yang disukai dan melakukan hal-hal baru yang menantang dan lain dari biasanya untuk meningkatkan rasa peracaya diri.

Kamu juga perlu berlatih untuk menerima bahwa kadang ada masalah yang memang sulit untuk diatasi atau hal-hal yang memang tidak dapat diubah. Kemudian, juga penting untuk selalu berpikir optimis dan memandang segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ada hikmahnya.

Singkatnya, mengelola stres bisa dimulai dari diri sendiri dengan mengandalkan teman atau orang yang dipercaya untuk membantu kita bangkit dan keluar dari zona stres yang membuat tak nyaman.

Namun, kalau tidak ada, hanya diri kita sendiri-lah yang bisa mensugesti untuk bangkit. Mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun hal tersebut pasti bisa dilalui.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US