The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejumlah Makanan Penambah Darah untuk Mengobati Anemia, Kaya Nutrisi
Ilustrasi makanan sehat. (FREEPIK/master1305)
Health

Sejumlah Makanan Penambah Darah untuk Mengobati Anemia, Kaya Nutrisi

Daging hingga kacang-kacangan.

Selasa, 27 September 2022 14:05 WIB 27 September 2022, 14:05 WIB

INDOZONE.ID - Anemia terjadi ketika tubuh kita tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Kondisi ini disebabkan oleh kehilangan darah, penghancuran sel darah merah, atau ketidakmampuan tubuh membuat sel darah merah.

Ada banyak penyebab anemia, mulai dari kekurangan zat besi sampai masalah genetik. Ketika seseorang mengalami anemia akan mengalami beberapa gejala seperti lemas, sesak napas, sakit kepala dan jantung berdebar.

Baca juga: Wanita Ini Diduga Kena Anemia Gara-gara Sering Ngemil Es Batu, Begini Penjelasan Dokter

Salah satu cara untuk mencegah anemia adalah dengan memenuhi asupan makanan penambah darah, seperti buah naga merah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penambah darah untuk mengobati anemia.

1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis, brokoli dikenal sebagai sayuran mengandung zat besi. Tak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin C yang dapat  membantu tubuh menyerap zat besi.

sayuran hijau.
Ilustrasi bayam. (FREEPIK/Racool_studio)

2. Makanan laut

Beberapa makanan laut seperti tiram, kerang, kepiting, dan udang memiliki kandungan zat besi. Sebagian ikan juga mengandung zat besi seperti ikan tuna, kembung dan salmon.

makanan laut
Makanan laut. (FREEPIK/bearfotos)

Baca juga: 3 Jenis Anemia Selama Kehamilan Seperti yang Dialami Selebgram Ria Ricis

3. Daging dan unggas

Semua daging dan unggas mengandung zat besi. Daging merah, domba, dan daging rusa adalah sumber terbaik. Unggas dan ayam memiliki jumlah yang lebih rendah.

daging merah
Daging merah. (FREEPIK/atlascompany)

4. Kacang-kacangan

Kacang adalah sumber zat besi yang baik untuk vegetarian dan pemakan daging. Beberapa jenis kacang yang bisa kamu tambahkan ke dalam diet ialah, kacang merah, kacang polong, kedelai, buncis, kacang hitam dan kacang polong hitam.

kacang-kacangan
Kacang-kacangan. (FREEPIK/brgfx)

5. Jeroan

Tidak hanya daging, sumber zat besi hewani juga dapat ditemukan pada jeroan atau organ dalam seperti hati,  ginjal, otak dan jantung. Tapi, jeroan sebaiknya tidak makan berlebih untuk mencegah kolesterol tinggi.

jeroan
Jeroan. (FREEPIK/timolina)

Nah, berikut itu beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mencegah anemia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US