5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba
Ilustrasi panas terik (Pexels/Maggie Zhan)
Health

5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba

Sulit beradaptasi dengan perubahan cuaca

Rabu, 02 Oktober 2019 18:05 WIB 02 Oktober 2019, 18:05 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia sudah memasuki musim pancaroba, musim ini identik dengan hadirnya berbagai penyakit seperti demam berdarah, tifus, diare, dan flu. Cuaca pun tidak menentu saat di musim ini. 

Pada siang hari, matahari cenderung bersinar sangat terik, disusul dengan hujan yang akan turun dengan deras di sore atau malam hari. Intensitas angin akan bertiup lebih kencang dari biasanya. 

Saat kondisi stamina tubuhmu tidak bagus, kamu akan sulit beradaptasi dengan perubahan cuaca setiap harinya, sehingga tubuh akan rentan terserang penyakit. 

Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba, melansir dari halodoc

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi makanan sehat
Ilustrasi makanan sehat (Pexels/Trang Doan)

Usahakan untuk selalu sarapan di pagi hari agar tetap fokus dan mampu menjalani aktivitas sehari-hari. 

Agar terhindar dari sakit, penuhi asupan nutrisi agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Perbanyak sayuran dan buah, bisa juga mengonsumsi vitamin atau madu untuk nutrisi tambahan. 

2. Atur tubuh tetap terhidrasi 

Ilustrasi air mineral
Ilustrasi air mineral (Pexels/Pixabay) 

Setelah memenuhi asupan nutrisi harian tubuh, jangan lupa konsumsi cairan harian secara cukup. 

Konsumsi cairan bukan hanya dari air mineral, bisa dari buah atau infuse water. Tetapi, jaga asupan minum sebanyak delapan gelas setiap hari. 

Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

3. Rutin berolahraga

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga (Pexels/Nathan Cowley) 

Sibuk bekerja bukan berarti melupakan olahraga, justru waktu yang tepat untuk berolahraga saat musim pancaroba. 

Usahakan bergerak setiap pagi minimal 30 menit. Rutinitas olahraga tidak hanya membuat kekebalan tubuh senantiasa terjaga, tubuh kamu juga akan terasa bugar sepanjang hari. 

4. Istirahat cukup 

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur (Pexels/Pixabay) 

Setelah bekerja seharian, jangan lupa istirahat yang cukup. Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel yang ada di dalam. Jika kamu kurang tidur, regenerasi sel tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna. 

Tidak hanya itu, kurang tidur membuat tubuh jadi lemas, mudah terserang penyakit, dan menyebabkan obesitas. 

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Ilustrasi kebersihan
Ilustrasi kebersihan (Pexels/rawpixel.com) 

Perhatikan lingkungan sekitar tempat kamu tinggal, apakah kebersihannya sudah terjaga? Jika terdapat sampah yang menumpuk, segera bersihkan. 

Lihat pula tempat penampungan air, jangan sampai menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Ini tentu saja membuat kamu mudah terserang penyakit.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU