Benarkah Pria Lebih Rentan Terhadap Virus Corona?
Ilustrasi pasien virus corona (Pexels/Pranidchakan Boonrom)
Health

Benarkah Pria Lebih Rentan Terhadap Virus Corona?

Jumat, 14 Februari 2020 17:08 WIB 14 Februari 2020, 17:08 WIB

INDOZONE.ID - Virus corona atau Covid-19 belum berhenti menginfeksi banyak orang. Peneliti percaya kalau virus corona lebih rentan terhadap pria, ini karena pria memiliki respons kekebalan yang lemah terhadap penyakit.

Hal ini dibuktikan dengan dua pertiga dari 99 pasien yang terinfeksi dirawat di rumah sakit Wuhan bulan lalu ialah laki-laki. Seperti yang ditulis penulis sains Anjana Ahuja, mengutip sebuah studi medis Lancet yang diterbitkan pada 30 Januari.

Menurutnya kemungkinan alasan perbedaan jumlah pasien yang mencolok ini karena kebiasaan merokok. Sedangkan wanita yang rentan terhadap penyakit autoimun.

Hal ini menyebabkan bagian dari sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lebih kuat untuk mengimbanginya, sehingga respons lebih kuat terhadap virus corona.

Ahli imunologi di University of Iowa dan rekan-rekannya menyarankan bahwa hormon, termasuk Estrogen, dapat menjadi pertahanan untuk melawan virus.

Penyakit covid-19 sering dibandingkan dengan SARS dan MERS, dalam studinya pasien SARS dan MERS dominan laki-laki, itu artinya penyakit 
covid-19 juga lebih rentan dengan virus corona.

"Beberapa ilmuwan sekarang yakin bahwa perbedaan jenis kelamin dalam data klinis mencerminkan kerentanan laki-laki yang asli terhadap virus corona, daripada bias dalam paparan," kata Ahuja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US