The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Manfaat Gaya Hidup Vegetarian untuk Kesehatan Diri dan Lingkungan
Ilustrasi makanan vegetarian (Pixabay)
Health

5 Manfaat Gaya Hidup Vegetarian untuk Kesehatan Diri dan Lingkungan

Sabtu, 17 Oktober 2020 13:25 WIB 17 Oktober 2020, 13:25 WIB

INDOZONE.ID - Sekarang ini, gaya hidup vegetarian semakin populer dan banyak diterapkan orang. Vegetarian adalah gaya hidup menolak (pantang) mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, unggas, dan ikan.

Banyak orang mengira bahwa vegetarian merupakan gaya hidup yang fokus konsumsi produk dari tumbuh-tumbuhan saja. Padahal itu tidaklah benar. Mereka yang vegetarian masih bisa konsumsi produk olahan dari hewani seperti telur, keju, atau susu.

Inilah Manfaat Gaya Hidup Vegetarian

Bagi pemula, menerapkan gaya hidup vegetarian pasti sangatlah berat, apalagi harus berhenti mengonsumsi makanan enak berbahan dasar daging.

Namun jika sudah terbiasa, maka kamu sendiri akan mendapatkan banyak manfaat vegetarian, baik untuk kesehatan diri maupun bagi lingkungan, alam, dan Bumi.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut ini manfaat vegetarian yang harus diketahui agar memotivasi kamu menjadi seorang vegetarian:

1. Menjaga kesehatan hati

manfaat vegetarian untuk kesehatan
Ilustrasi kesehatan hati (Unsplash/@giulia_bertelli)

Organ hati yang sehat akan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Apabila kamu menerapkan gaya hidup vegetarian, lemak jenuh dan kolesterol tidak akan menumpuk.

2. Menurunkan risiko diabetes

manfaat diet vegetarian untuk kesehatan
Ilustrasi diabetes (Unsplash/@kateredfern)

Meskipun terkadang diabetes disebabkan karena faktor genetik dan gaya hidup, pola makan yang salah juga bisa jadi penyebab utama diabetes.

Tapi, hal tersebut tidak lagi menjadi masalah bila kamu memulai gaya hidup vegetarian sedari sekarang. Karena pola makan nabati akan mengurangi risiko yang berkaitan dengan diabetes, serta menjaga keseimbangan kadar insulin dan glukosa.

3. Umur panjang

manfaat menjadi seorang vegetarian untuk kesehatan
Ilustrasi hidup sehat (Unsplash/@raduflorin)

Menurut Michael F Roizen, MD, penulis 'The RealAge Diet: Make Yourself Young with What You Eat', orang yang mengonsumsi lemak dan produk hewani cenderung memiliki umur lebih pendek daripada vegetarian.

Demikian pula, penelitian dilakukan di Jepang  menemukan alasan mengapa orang-orang hidup lama di sana. Ternyata rahasianya adalah mereka menerapkan diet rendah kalori dari karbohidrat kompleks yang tidak diolah, buah dan sayuran kaya serat, serta kedelai.

4. Mengurangi risiko infeksi

manfaat gaya hidup vegetarian untuk kesehatan tubuh dan lingkungan
Ilustrasi makanan vegetarian (Unsplash/@annapelzer)

Sudahkah kamu yakin bahwa daging yang dikonsumsi selama ini sudah bersih dari bakteri, seperti E. Coli, salmonella, dan lainnya?

Nah, itu semua adalah racun hewani yang mungkin saja masuk ke dalam tubuh saat kamu mengonsumsi jenis makanan berbahan daging. Jadi, tak salah apabila kamu menjadi vegetarian.

Dengan menghindari secara total dari konsumsi daging, kamu akan terhindar dari risiko infeksi racun hewani tersebut.

5. Bentuk empati untuk alam dan Bumi

manfaat menjadi vegetarian untuk kesehatan tubuh dan alam
Ilustrasi makanan vegetarian (Pexels/Jill Wellington)

Kita semua adalah bagian dari alam. Adalah tugas etis bagi kita semua untuk tidak menyakiti hewan lain.

Meskipun makan daging adalah pilihan setiap orang, tetapi penting untuk diingat bahwa daging berasal dari hewan-hewan yang juga punya hak hidup layak.

Kita pasti sering melihat banyak sekali hewan yang disimpan dalam kotak dan kandang dalam kondisi yang paling tidak manusiawi. Tak jarang mereka dipaksa makan dan berkembang biak lebih banyak.

Lain hal jika kamu menjadi seorang vegetarian dari sekarang. Karena itu artinya, kamu sudah 1 langkah menunjukkan bentuk empati diri untuk lingkungan, alam, dan makhluk hidup lain di Bumi.

Jadi, manfaat vegetarian tidak hanya didapatkan untuk kesehatan diri sendiri, tetapi juga untuk banyak ekosistem di alam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US