The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

WHO Sebut Kemungkinan Peternakan Satwa Liar di China Jadi Sumber Pandemi COVID-19
Efek Pandemi COVID-19 (Pexels/Nandhu Kumar)
Health

WHO Sebut Kemungkinan Peternakan Satwa Liar di China Jadi Sumber Pandemi COVID-19

Jumat, 19 Maret 2021 10:07 WIB 19 Maret 2021, 10:07 WIB

INDOZONE.ID - Meski belum ditemukan secara pasti dimana asal usul Corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa peternakan satwa liar di China kemungkinan jadi sumber pandemi COVID-19.

Peternakan yang terletak di Yunnan, China bagian selatan tersebut diyakini menjadi sumber COVID-19 saat pedagang memasok hewan-hewan dari peternakan ke pasar basah Huanan, tempat awal COVID-19 ditemukan di Wuhan, China.

Peter Daszak selaku pakar ekologi penyakit dari WHO menyebutkan bahwa hewan liar yang ada di pasar tersebut tertular COVID-19 dari kelelawar saat di peternakan.

WHO mengungkapkan hal ini setelah menelusuri lebih dari asal usul Corona sejak Januari lalu. Karena penelusuran ini, teori konspirasi yang menyatakan COVID-19 adalah virus buatan di laboratorium Wuhan jadi terpatahkan.

Hingga saat ini, WHO masih meyakini bahwa virus tersebut datang dari kelelawar dan melompat ke manusia dan dari manusia virus tersebut menyebar dengan cepat.

Kendati demikian, China masih belum menerima pernyataan WHO tersebut.  Mereka mengatakan bahwa peternakan tersebut sudah dijaga seaman mungkin agar terhindar dari virus.

Pemerintah China mengklaim, sudah mengarahkan warga mereka tata cara mengubur, membunuh, atau membakar hewan yang benar agar tak memicu penyebaran penyakit.

Walau begitu, kita tunggu saja hasil investigasi WHO yang akan dirilis beberapa waktu ke depan ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US