Tips Agar Anak Tak Ketagihan Konsumsi Camilan Manis
ilustrasi/pexels
Health

Tips Agar Anak Tak Ketagihan Konsumsi Camilan Manis

Kamis, 28 November 2019 10:44 WIB 28 November 2019, 10:44 WIB

INDOZONE.ID - Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga suka menyantap berbagai camilan bercita rasa manis, seperti cokelat, permen dan jajanan lainnya. Tapi, taukah kamu ternyata kebiasaan anak yang suka camilan manis ini bersumber dari orang tuanya.

"Ketika anak sudah diberi sensasi menyenangkan dengan rasa manis, akan begitu terus (suka manis) hingga dia dewasa," ujar dokter gizi Marya Haryono di peluncuran Heavenly Blush Yogurt, Jakarta, Rabu (27/11).

Marya menyarankan agar anak-anak tak ketagihan camilan manis yang dapat merusak kesehatan gigi dan pencernaan, orang tua harus bisa mengatur pola makan yang sehat untuk anak.

anak
ilustrasi/unsplash

Sebagai alternatif menurut Marya, orang tua bisa berikan makanan manis tapi sehat seperti buah.

"Jika dibiasakan, anak juga akan suka dengan manisnya buah." ujar Marya.

Asupan gula berlebih yang berasal dari camilan atau makanan tak hanya dapat menyebabkan obesitas, tapi juga masalah pencernaan. Saat gula dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, maka keseimbangan bakteri dalam pencernaan dapat terganggu dan menimbulkan masalah seperti gangguan tidur dan kelelahan kronis.

Gula diketahui memiliki sifat inflamasi alias peradangan, termasuk juga dalam pencernaan. Inflamasi terjadi saat jaringan tubuh terinfeksi bakteri, luka, panas, cedera atau terkena racun.

Jika inflamasi kronik ini terjadi dalam kurun waktu yang lama, maka dapat menyebabkan kanker. Inflamasi kronik sendiri juga bisa menimbulkan radang sendi dan penyakit kulit seperti jerawat hingga eksim.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU