The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ketika Kamu Olahraga Berlebihan, Ginjal Kamu Bisa Alami Hal Ini
Ilustrasi olahraga (Photo by Li Sun from Pexels)
Health

Ketika Kamu Olahraga Berlebihan, Ginjal Kamu Bisa Alami Hal Ini

Jumat, 02 April 2021 11:12 WIB 02 April 2021, 11:12 WIB

INDOZONE.ID - Olahraga memang penting dilakukan setiap hari. Namun jika sudah berlebihan, maka hal itu malah jadi tidak baik dan malah bisa menyakiti diri sendiri.

Seperti yang dialami oleh seorang wanita bernama Atrina Lau. Diketahui ia sedang berolahraga sepeda statis secara berlebihan. Hal ini ternyata berdampak buruk padanya.

Setelah berolahraga, kakinya terasa lemas dan tak bisa berjalan dengan baik dan benar. Ia mengira hal itu akan berlangsung sebentar, namun usai 3 hari, apa yang dialaminya itu tak kunjung sembuh.

Bahkan urinnya menjadi beewarna coklat dan nyeri ototnya semakin menjadi jadi dan tak tertahankan.

ia pun langsung pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Setelah diperiksa, ternyata ia mengalami rhabdomyolysis, suatu kondisi yang bisa disebabkan oleh olahraga berlebihan dan bisa memicu gagal ginjal atau bahkan kematian.

Sebagai tambahan informasi, rhabdomyolysis adalah sindrom serius akibat cedera otot langsung atau tidak langsung yang terjadi karena rusaknya serat-serat otot akibat kelelahan.

Serat-serat otot tersebut menghancurkan diri, dan pecahannya masuk ke pembuluh darah lalu mengendap di ginjal. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti gagal ginjal karena organ tersebut tidak dapat mengeluarkan urin dan limbah lainnya.

Pasien umumnya pulih ketika mereka mendapatkan perawatan yang tepat, tetapi kondisi tersebut dapat menyebabkan kematian dalam kasus yang jarang terjadi.

Untuk itu sangat penting untuk mengenali batas fisik, dan tidak memaksakan diri jika intensitas olahraga sudah berlebihan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US