The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Konsumsi Kacang Pistachio Bantu Turunkan Berat Badan?
kacang pistachio (Pexels/Pixabay)
Health

Benarkah Konsumsi Kacang Pistachio Bantu Turunkan Berat Badan?

Kamis, 06 Agustus 2020 11:37 WIB 06 Agustus 2020, 11:37 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan sebuah penelitian, mengatakan bahwa kacang pistachio dari Amerika Serikat (AS) dapat membantu menurunkan berat badan dan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur.

Para peneliti di Universitas California, San Diego, AS melakukan penelitian terhadap 100 orang yang sehat, kelebihan berat badan dan obesitas. Hasilnya, saat dikonsumsi secara teratur kacang pistachio dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Semua peserta penelitian disarankan untuk diet dan melakukan perilaku penurunan berat badan secara umum dan akan diberi instruksi untuk meningkatkan aktivitas fisik.

Kemudian 50 peserta diberi 1,5 ons pistachio dalam menu makanan sehari-hari mereka dan 50 orang lainnya tidak.

Hasilnya, studi yang diterbitkan dalam edisi Juli 2020 dari Nutrients, menunjukkan bahwa kacang pistachio yang dimasukkan dalam menu diet seseorang dapat membantu penurunan berat badan dengan membatasi jumlah konsumsi kalori dan juga berpengaruh pada penurunan tekanan darah.

"Penelitian ini menambah bukti bahwa pistachio dapat menjadi komponen diet penurunan berat badan, meningkatkan asupan nutrisi utama dan mempromosikan pola makan yang sehat," ujar peneliti utama, Cheryl Rock, PhD, RD dilansir Indian Express.

Selain itu, terdapat juga manfaat tambahan untuk kelompok yang mengkonsumsi kacang pistachio, yakni tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah, peningkatan asupan serat dan lebih sedikit mengkonsumsi manis daripada kelompok kontrol atau tanpa pistachio.

Kacang pistachio juga mengandung lutein dan zeaxanthin fitonutrien yang memiliki sifat pelindung untuk mata dari cahaya biru dan sinar ultraviolet, dan merupakan sumber serat dan vitamin B6 yang baik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US