The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mulai Besok Jangan Sarapan Ini, 5 Menu Makanan yang Membuat Badan Obesitas
Ilustrasi Sarapan. (Photo//instagram.com/@duniakulinersurabaya)
Health

Mulai Besok Jangan Sarapan Ini, 5 Menu Makanan yang Membuat Badan Obesitas

Sabtu, 20 Februari 2021 17:52 WIB 20 Februari 2021, 17:52 WIB

INDOZONE.ID - Bak kata orang Indonesia 'bukan makan kalau belum makan nasi', membuat kalimat ini menjadi dasar orang-orang kebanyakan dalam mengonsumsi makanan.

Padahal, perlu diperhatikan bahwa nasi merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Untuk itu usahakan kamu tidak mendampingi nasi dengan makanan yang mengandung karbohidrat lagi. Sebab tubuh juga membutuhkan vitamin, ptotein dan nutrisi lainnya.

Baca Juga: 5 Tanda Pria Memiliki Testosteron Rendah, Salah Satunya dari Ukuran Testis

Selain nasi, terdapat makanan yang mengandung double karbohidrat dan sering dikonsumsi kebanyakan orang. Apa saja? Berikut jawabannya:

Burger dan French Fries

Menu Makanan yang Membuat Badan Obesitas
Burger dan French Fries. (Photo/pexels.com)

Burger dan french fries memang termasuk menu populer yang sering dipesan secara bersamaan. Bahkan ada beberapa menu paketan yang menggabungkan keduanya.

Sebagaimana kita tahu bahwa kentang adalah sumber karbohidrat, sementara burger juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Keduanya juga memiliki kalori yang tinggi, burger bisa mencapai 260 Kkal ditambah dengan french fries medium sebanyak 380 Kkal.

Nasi dan Mie

Nasi dan mie instan seringkali jadi kombinasi makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebab saat makan mie satu porsi saja, perut lebih cepat lapar, sementara jika ditambah dengan nasi akan membuat lebih kenyang.

Padahal nasi dan mie instan ini membuat kita mengonsumsi karbohidrat dua kali lipat lebih banyak. Alhasil kita kekurangan asupan gizi lain seperti protein, vitamin, lemak, serat dan lainnya. Jika kita sering mengonsumsinya maka bisa meningkatkan potensi terkena diabetes.

Roti dan Selai Buah atau Cokelat

Menurut Spesialis Gizi Klinis di RS Asih, Dokter Diana F. Suganda Sp. GK menyebut bahwa mengonsumsi roti sebaiknya tak diolesi dengan selai. Sebab keduanya sama-sama mengandung karbohidrat.

Konsumsi dengan cara tersebut juga bisa bikin asupan gizi yang masuk jadi tidak seimbang. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengonsumsi roti dengan telur (protein) dan sayuran (serat dan vitamin) seperti tomat, timun dan selada.

Nasi Rames, Lauk Mie dan Kentang Balado

Menu Makanan yang Membuat Badan Obesitas
Nasi Rames, Lauk Mie dan Kentang Balado. (Photo/Instagram/@kulinersurabaya)

Makanan dobel karbohidrat yang juga sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah nasi rames dengan lauk mie dan juga kentang balado.

Memang enak dan mengenyangkan, tapi konsumsi menu tersebut juga bikin asupan gizi yang masuk lebih banyak karbohidrat. Padahal tubuh membutuhkan gizi lainnya seperti protein, vitamin, serat dan lainnya. Dibandingkan kentang dan mie, sebaiknya kamu pilih ayam, telor, atau ikan dengan sayur-sayuran untuk melengkapi nasi rames.

Nasi dan Gorengan

Saat lagi malas masak atau kantong kering, nasi dan gorengan jadi menu yang sering jadi pilihan menarik. Selain praktis, makan nasi dengan gorengan juga cukup enak dan bikin kita tambah porsi berkali-kali.

Padahal gorengan termasuk makanan dengan karbohidrat tinggi, sebab gorengan mengandung tepung terigu. Belum lagi dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh kita. Akibatnya jika dikonsumsi terus menerus dan dalam waktu jangka panjang, kamu bisa mengalami obesitas dan rentan kena serangan jantung.

TAG
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US