The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Kelompok Makanan Ini Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol
Ilustrasi kolesterol (Istimewa)
Health

4 Kelompok Makanan Ini Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Selasa, 20 Oktober 2020 11:18 WIB 20 Oktober 2020, 11:18 WIB

INDOZONE.ID - Kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh pola makan yang buruk dan berlemak. Kolesterol tinggi terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak zat berlemak yang disebut kolesterol dalam darah.

Selain makanan berlemak, kolesterol tinggi juga disebabkan oleh kurang olahraga, kelebihan berat badan, merokok dan minum alkohol.

Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga bisa menyebabkan masalah jantung dan stroke.

Dilansir dari Express, Cheryl Lythgoe, Matron di Benenden Health, mengungkapkan empat kelompok makanan yang harus kamu makan untuk menurunkan kolesterol.

1. Serat larut

Serat larut adalah salah satu hal terbaik untuk ditambahkan ke makanan jika tujuan untuk menurunkan kolesterol. Serat larut ditemukan dalam makanan nabati dan dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Protein kedelai

Protein kedelai akan mengurangi kolesterol, dan mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan. Kedelai adalah sumber protein nabati yang bagus, rendah lemak jenuh dan tinggi serat. Kedelai juga mengandung protein khusus yang tampaknya mempengaruhi cara tubuh mengatur kolesterol.

3. Sterol dan stanol tumbuhan (pitosterol)

Kelompok makanan lain yang menurunkan kolesterol adalah sterol dan stanol tumbuhan. Sterol dan stanol tanaman (fitosterol), ditemukan dalam olesan yang diperkaya, minuman dan yogurt, juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

4. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan ringan yang sempurna untuk membuat kamu terus beraktivitas sepanjang hari, dan membantu menurunkan kolesterol. Ini karena kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang sehat dan serat larut. Sehingga membantu menurunkan kolesterol.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US