The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi, Efektif Tanpa Obat
Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah tinggi atau hipertensi (health.harvard.edu)
Health

5 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi, Efektif Tanpa Obat

Senin, 31 Agustus 2020 12:11 WIB 31 Agustus 2020, 12:11 WIB

INDOZONE.ID - Jika kondisi sudah kronis, tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan, namun ada beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat dilakukan oleh si penderita, salah satunya menerapkan gaya hidup sehat.

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah di atas 140/90. Tekanan darah tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala khusus.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang tepat bisa membantu mengatasi gejala hipertensi. Karena apabila tidak diobati, darah tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Tepat

Selain mengurangi efek gejala yang ditimbulkan, cara menurunkan darah tinggi yang tepat dapat menghindari beragam komplikasi dari masalah hipertensi.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi yang tepat tanpa obat dalam upaya mengatasi hipertensi:

1. Jalan Kaki dan Olahraga Teratur

cara menurunkan tekanan darah tinggi hipertensi
Jalan kaki teratur (Unsplash/@areksan)

Olahraga adalah salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, olahraga teratur akan membuat jantung kamu lebih kuat dan efisien dalam memompa darah, yang menurunkan tekanan di arteri.

Faktanya, 150 menit olahraga ringan, seperti jalan kaki atau 75 menit olahraga berat, seperti lari per minggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Terlebih lagi, melakukan lebih banyak olahraga diklaim dapat mengurangi tekanan darah lebih jauh, seperti diungkapkan oleh National Walkers 'Health Study.

2. Kurangi Asupan Natrium (Garam)

cara menurunkan tekanan darah tinggi hipertensi yang tepat
Garam (Pexels/Lorena Martínez)

Sering tidak disadari bahwa pemicu hipertensi paling tinggi adalah asupan garam berlebihan di dalam tubuh. Oleh karenanya, mengurangi asupan natrium atau garam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak penelitian telah mengaitkan asupan garam tinggi dengan tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit serius seperti jantung dan stroke.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa hubungan antara natrium dan tekanan darah tinggi masih kurang jelas. Salah satu alasannya mungkin karena perbedaan genetik dalam cara orang memproses natrium.

Sekitar setengah dari orang dengan tekanan darah tinggi dan seperempat orang dengan tingkat normal tampaknya memiliki kepekaan terhadap garam.

Apabila kamu sudah memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi asupan natrium dan menghindari makanan bergaram secara berkala.

Sebaiknya, perbanyaklah konsumsi makanan olahan segar dan gunakan rempah-rempah alami daripada garam dapur.

3. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Berkalium

cara mengatasi tekanan darah tinggi hipertensi
Ilustrasi sayuran hijau (Unsplash/@chiapppa)

Kalium merupakan mineral penting yang membantu tubuh membuang natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Untuk mendapatkan keseimbangan kalium dan natrium yang lebih baik dalam makanan kamu, fokuslah untuk makan lebih sedikit makanan olahan dan perbanyak makanan segar yang mengandung kalium tinggi.

Adapun makanan kaya kalium untuk bantu mengatasi hipertensi, seperti sayuran hijau, tomat, kentang, ubi jalar, buah-buahan (melon, pisang, alpukat, jeruk), susu, yoghurt, ikan tuna, ikan salmon, kacang- kacangan dan biji-bijian.

4. Belajar Mengelola Stres

cara menurunkan tekanan darah tinggi hipertensi secara efektif
Ilustrasi mendengarkan musik (Pexels/Andrea Piacquadio)

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yaitu dimulai dari belajar mengelola stres. Pasalnya, stres adalah pendorong utama masalah tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian telah menyelidiki bagaimana mengurangi stres dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya, dengan mendengarkan musik yang menenangkan dan rutin meditasi.

5. Menurunkan Berat Badan

cara menurunkan tekanan darah tinggi hipertensi yang tepat
Ilustrasi timbangan berat badan (Unsplash/@yunmai)

Seseorang dengan kelebihan berat badan cenderung berisiko terkena masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan menjadi salah satu cara efektif mengatasi tekanan darah agar tetap normal.

Menurut studi tahun 2016, kehilangan 5 persen dari massa tubuh berkontribusi menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan lebih signifikan dari olahraga.

Dalam penelitian sebelumnya, kehilangan 17,64 pon (8 kg) dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik sebesar 8,5 mm Hg dan tekanan darah diastolik sebesar 6,5 mm Hg.

Menurunkan berat badan dapat membantu pembuluh darah melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk mengembang dan berkontraksi, sehingga memudahkan ventrikel kiri jantung untuk memompa darah.


Itulah sedikit ulasan tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dapat kamu terapkan guna mengatasi darah tinggi dan menghindari efek hipertensi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US