The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Tips Ampuh Mengatasi Kebotakan Rambut
Ilustrasi kebotakan rambut/Medical News Today
Health

Inilah Tips Ampuh Mengatasi Kebotakan Rambut

Selasa, 21 Juli 2020 16:56 WIB 21 Juli 2020, 16:56 WIB

INDOZONE.ID - Keinginan untuk memiliki rambut indah berkilau, lebat, dan sehat, tentu jadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita.

Namun fakta di lapangan, tidak semua orang memiliki kondisi rambut yang baik. Bahkan, banyak kita temui orang-orang dengan rambut tipis dan gampang rontok.

Kondisi itu bisa mengakibatkan kebotakan. Kalau sudah begini, pasti akan mempengaruhi kepercayaan diri ketika tampil di depan publik.

Kebotakan bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Area kebotakan ini pun berbeda-beda setiap orang. Ada di tengah, ada juga di bagian depan.

Penyebab Kebotakan

Rambut rontok dengan kisaran 50-100 helai per hari masih termasuk kondisi normal. Namun, jika sudah lebih dan terus-menerus, tentu akan menyebabkan kebotakan.

Dalam istilah medis, botak disebut dengan alopecia areata yaitu kondisi di mana rambut pada kulit kepala atau seluruh tubuh mengalami kerontokan cukup parah.

Selain faktor usia, ada beberapa hal lain yang menyebabkan seseorang mengalami kebotakan.

1. Perubahan Hormon dan Faktor Genetik

perubahan hormon penyebab rambut botak
photo/Ilustrasi/Yale Medicine

Perubahan hormon yang cukup drastis bisa memengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Bahkan, bisa menjadi penyebab rambut rontok dalam jumlah banyak.

Selain hormon, rambut rontok hingga botak bisa disebabkan karena faktor keturunan. Coba ingat-ingat lagi, adakah keluargamu yang mengalami masalah kebotakan rambut?

2. Konsumsi Obat-obatan

konsumsi obat-obatan
photo/Ilustrasi/Pixabay

Obat-obatan tertentu pun bisa menjadi salah satu penyebab kebotakan. Misalnya obat bismuth, levodopa, colchicine, dan cyclosporine.

Selain itu, tindakan medis seperti kemoterapi dan radioterapi juga memiliki efek samping yaitu kebotakan. Hal itu dikarenakan pertumbuhan sel rambut terhambat dan jadi rusak.

3. Gaya Hidup dan Pola Makan

gaya hidup dan pola makan
photo/Ilustrasi/Pixabay

Tidak semua jenis makanan baik untuk dikonsumsi. Beberapa makanan tertentu bisa menjadi penyebab kebotakan, seperti gorengan dan yang mengandung bahan kimia.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok dan begadang, bisa jadi penyebab rambut botok.

4. Infeksi

infeksi penyebab kebotakan rambut
photo/Ilustrasi/consultqd.clevelandclinic.org

Ringworm adalah infeksi yang umumnya menyerang kulit kepala sehingga mengakibatkan kebotakan pada rambut.

Infeksi ini bukan disebabkan oleh cacing, melainkan jamur Tinea Capitis. Jamur ini tumbuh di kulit kepala yang lembab dan tidak terjaga kebersihannya.

Kebotakan di Usia Muda, Kok Bisa?

Biasanya, kebotakan terjadi pada orang tua sekitar usia 40 tahun ke atas. Namun, saat ini banyak kaum muda usia 20-an sudah mengalami kebotakan. 

Tentu saja, kebotakan di usia muda ini dapat menurunkan rasa kepercayaan diri ketika tampil di depan publik. Kondisi itu ternyata disebabkan beberapa hal ini.

1. Stres

stres kebotakan rambut
photo/Ilustrasi/Pixabay

Dilansir dari thehealthsite, terlalu banyak tekanan fisik atau mental membuat tubuh menjadi tidak sehat. Stres dapat mengganggu sistem hormon dan metabolisme tubuh.

Sebenarnya, stres dapat dikurangi dengan mengubah pola hidup dan mengatur pikiran agar tidak terlalu banyak memikirkan masalah.

2. Kekurangan Nutrisi

makanan bernutrisi
photo/Ilustrasi/Unsplash

Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, kurangnya nutrisi dalam tubuh akan memengaruhi sehat tidaknya rambut seseorang.

Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, sehingga sangat penting menyertakan protein dalam menu makanan sehari-hari.

3. Sering Merokok

rontok akibat sering merokok
photo/Ilustrasi/Unsplash

Selama ini kita tahu, kebiasaan merokok berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Tak hanya itu, merokok ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya kebotakan dini, lho.

Seperti dilansir dari laman Men's Health, merokok adalah vasokonstriktor yang akan membatasi pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. 

Folikel rambut membutuhkan suplai darah segar agar tetap sehat, sementara merokok memperlambat aliran darah.

Kalau rambut sudah rontok, akan sulit untuk tumbuh kembali atau tumbuh lebih lambat dari biasanya.

4. Kerja Lembur

kerja lembur
photo/Ilustrasi/Retire Notes

Hati-hati, terlalu sering kerja lembur bisa mengakibatkan kebotakan, lho. Tentu saja, ini sangat mengganggu, apalagi buat kamu yang masih muda.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa penyebab kebotakan ialah bekerja lembur lebih dari 52 jam per minggu. Umumnya, dalam seminggu orang bekerja hanya sekitar 40 jam.

Tapi, ada beberapa negara yang mengharuskan seseorang bekerja lebih lama dari batas normal. Misalnya saja, di Korea Selatan.

Cara Mengatasi Kebotakan pada Rambut

Untuk mengatasi kebotakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dirangkum Indozone berikut ini.

1. Meditasi dan Latihan

meditasi dan latihan
photo/Ilustrasi/Pixabay

Dr. Melissa Piliang M.D, ahli rambut rontok di Cleveland Clinic mengatakan stres berkepanjangan jadi salah satu penyebab kehilangan banyak rambut.

Kondisi itu bisa mempercepat kebotakan. Oleh karenanya, cara mengatasi kebotakan secara alami yang bisa dilakukan adalah dengan meditasi untuk mengelola stres.

2. Penuhi Nutrisi Rambut

makanan bernutrisi untuk rambut botak
photo/Ilustrasi/Pixabay

Mulai sekarang, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamn D, protein, asam lemak omega-3, zat besi, biotin, vitamin B6, dan vitamin B12.

Kesemua kandungan itu penting untuk kesehatan rambut, mulai dari menyuburkan hingga menguatkan rambut. Selain itu, nutrisi-nutrisi tersebut bisa mencegah kebotakan.

Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti ikan salmon, tuna, susu, kacang kedelai, gandum utuh, jus jeruk, dan lainnya.

3. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

konsumsi obat-obatan tertentu
photo/Ilustrasi/Unsplash

Kebotakan bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu dengan resep dokter, seperti:

  • Minoxidil, dapat memperlambat kerontokan rambut dan menumbuhkan kembali rambut di kulit kepala botak.
  • Finasteride, dapat digunakan untuk mengatasi masalah kebotakan pada pria. Namun obat ini sejatinya untuk menangani masalah prostat.
  • Kortikosteroid, obat oles atau suntik ini khususnya digunakan untuk penderita alopecia areata (kebotakan parah).
  • Anthralin, digunakan untuk menangani alopecia areata guna mengendalikan peradangan yang terjadi pada folikel-folikel rambut.
  • Spironolactone, obat berbentuk pil ini bisa menghalangi hormon pria yang menyebabkan kebotakan. Tapi kadang, juga digunakan oleh wanita.

4. Transplantasi Rambut

transplantasi rambut botak
photo/Mirror

Transplantasi rambut adalah cara mengatasi kebotakan. Metode ini bersifat permanen dan terlihat alami.

Namun, harus dilakukan dalam beberapa sesi dengan biaya cukup mahal. Hasilnya sendiri bisa dilihat beberapa bulan setelahnya.

Prosedur ini dilakukan dengan memindahkan folikel-folikel rambut yang sehat dari area subur ke area botak.

Catatan:

Kebotakan bukan masalah sepele yang mudah disembuhkan dengan waktu singkat. Ada baiknya, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih tepat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US