Waspadai Tiga Medium Penularan Corona yang Kerap Tak Disadari
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Health

Waspadai Tiga Medium Penularan Corona yang Kerap Tak Disadari

Minggu, 29 Maret 2020 22:29 WIB 29 Maret 2020, 22:29 WIB

INDOZONE.ID - Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Purnawan Junaidi meminta masyarakat mewaspadai tiga medium penularan virus corona Covid-19 yang kerap dilupakan.

Sumber atau medium penularan tersebut adalah uang tunai, barang belanja online, dan orang terdekat seperti keluarga.

"Memang ada tiga sumber penularan yang orang suka lupa, barang online, uang cash, sama orang terdekat," kata  Purnawan di BNPB Jakarta, Sabtu (29/3/2020).

Purnawan yang juga merupakan Ketua Aliansi Telemedia Indonesia tersebut menjelaskan bahwa barang-barang hasil belanja online bisa berpotensi membawa virus, apalagi dari orang yang mengantarnya.

Uang berpotensi menularkan virus corona
Petugas bank melayani penarikan uang nasabah di bank BNI Syariah Lhokseumawe, Aceh (ANTARA FOTO/Rahmad)

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang mengantar ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," kata Purnawan.

Untuk uang tunai, bisa menularkan virus karena ada sentuhan benda dari tangan ke tangan. Karena itu, warga diminta mencari cara tertentu saat bertransaksi dengan uang tunai agar lebih aman.

Belanja online bisa tularkan virus corona
Ilustrasi berbelanja online (Unsplash)

"Uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya. Kalau saya pegang pakai plastik saya taruh di tempat khusus di rumah," ucap Purnawan.

Kemudian orang terdekat seperti keluarga. Mereka yang masih muda bisa menjadi pembawa virus corona (carrier) dan menularkannya kepada kerabat yang lebih tua.

Keluarga bisa menularkan virus corona
Ilustrasi keluarga (Unsplash)

"Jadi untuk yang sudah lansia terutama, sementara hati-hati jika berhubungan dengan cucu, kita harus selalu berhati-hati dan waspada, jangan lupa cuci tangan dan pakai masker," ujar Purnawan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US