Ini Cara Mudah Sembuhkan Kutu Air Akibat Banjir
Ilustrasi/medicalnewstoday.com
Health

Ini Cara Mudah Sembuhkan Kutu Air Akibat Banjir

Selasa, 07 Januari 2020 15:06 WIB 07 Januari 2020, 15:06 WIB

INDOZONE.ID - Bencana banjir kerap menimbulkan banyak masalah salah satunya mengundang penyakit. Salah satu penyakit yang identik terjadi ketika banjir adalah kutu air. Meski bukan tergolong penyakit serius, tapi kutu air harus ditangani karena memicu ketidaknyamanan.

Kutu air adalah ruam yang terjadi di kulit antara jari kaki atau telapak kaki yang disebabkan oleh jamur bernama Trichophyton. Adapun cara penyembuhannya adalah dengan mengoleskan obat anti jamur berupa salep. Bisa juga dikombinasikan dengan obat oral seperti itrakpnazol dan terbinafine.Namun pilihan yang terbaik adalah tetap salep anti jamur.

cara sembuhkan kutu air akibat banjir
Ilustrasi/francebleu.fr

Selain diobati, kamu juga harus menjauh dari situasi banjir untuk mengatasi kutu air. Upayakan untuk menggunakan alas kaki yang terbuka agar kaki bisa 'bernapas' dengan baik.

Jika kondisi lembap, sering-seringlah mengganti kaus kaki. Setelah mandi, jangan lupa keringkan sela-sela jari kaki. Alternatif lain dapat menggunakan bubuk antijamur (miconazole) atau bisa juga merendam kaki dengan larutan Burow (aluminium subacetate).

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU