The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Jenis Anemia Selama Kehamilan Seperti yang Dialami Selebgram Ria Ricis
Ria Ricis alami anemia. (Instagram/@riaricis1795/Freepik)
Health

3 Jenis Anemia Selama Kehamilan Seperti yang Dialami Selebgram Ria Ricis

Senin, 20 Juni 2022 15:00 WIB 20 Juni 2022, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - YouTuber dan selebgram cantik Ria Ricis yang tengah hamil 8 bulan mengalami anemia dan diabetes gestasional.

Melalui kanal YouTube-nya Ricis Official, dr. Agriana Puspitasari yang memeriksa istri Teuku Ryan mengatakan kondisi kesehatan Ria Ricis.

"Ada anemia. Tapi, gulanya agak tinggi. Kondisi ini yang kita sebut sebagai sakit gula dalam kehamilan," kata dokter kepada Ria Ricis, seperti dilihat dalam Youtube Ricis Official, Senin (20/6/2022).

dr. Agriana Puspitasari juga mengatakan bahwa hal tersebut sangat wajar dialami oleh wanita hamil.

Dilansir webmd.com, sangat normal mengalami anemia ringan saat hamil. Tapi, wanita hamil juga sangat mungkin mengalami anemia yang lebih parah karena kadar zat besi atau vitamin yang rendah atau karena alasan lain.

Anemia sendiri dapat membuat kamu merasa lelah dan lemah. Jika anemia parah tapi tidak diobati, kondisi ini bisa meningkatkan risiko komplikasi serius seperti kelahiran prematur.

Baca juga: Hamil 8 Bulan, Ria Ricis Alami Anemia dan Diabetes Gestasional, Apa Resikonya Bagi Janin?

Anemia terdiri dari beberapa jenis yang umum terjadi selama kehamilan. Berikut ini beberapa jenis anemia selama hamil yang perlu untuk wanita ketahui.

1. Anemia defisiensi besi

Jenis anemia ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup. Pada anemia defisiensi besi, darah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke jaringan di seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia ini pada kehamilan.

2. Anemia defisiensi folat

Folat adalah vitamin yang ditemukan secara alami dalam makanan tertentu seperti sayuran berdaun hijau Jenis vitamin B, tubuh membutuhkan folat untuk memproduksi sel-sel baru, termasuk sel darah merah yang sehat.

Selama kehamilan, wanita membutuhkan folat ekstra. Jika tidak mendapatkan cukup folat, tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah normal untuk mengangkut oksigen ke jaringan di seluruh tubuh.

Kekurangan folat dapat secara langsung berkontribusi pada jenis cacat lahir tertentu, seperti kelainan tabung saraf (spina bifida) dan berat badan lahir rendah.

3. Kekurangan vitamin B12

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Ketika seorang wanita hamil tidak mendapatkan cukup vitamin B12 dari makanan mereka, tubuh mereka tidak dapat memproduksi cukup sel darah merah yang sehat.

Wanita yang tidak makan daging, unggas, produk susu, dan telur memiliki risiko lebih besar mengalami kekurangan vitamin B12, yang dapat menyebabkan cacat lahir, seperti kelainan tabung saraf, dan dapat menyebabkan persalinan prematur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US