The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Lomba 17 Agustus yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Balap Karung
Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mengikuti lomba balap karung di Liponsos Keputih Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/8/2022). (ANTARA/Didik Suhartono)
Health

3 Lomba 17 Agustus yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Balap Karung

Bisa melatih otot.

Minggu, 14 Agustus 2022 14:37 WIB 14 Agustus 2022, 14:37 WIB

INDOZONE.ID - Masyarakat akan merayakan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti atau sekitar 2 hari lagi. Perayaan 17 Agustus sendiri biasanya berlangsung cukup meriah diisi dengan berbagai perlombaan.

Perlombaan dimaksudkan untuk mengingat perjuangan para pahlawan demi memerdekakan Indonesia pada 77 tahun yang lalu. Meski terlihat seperti untuk bersenang-senang, namun tahukah kamu bahwa ada beberapa perlombaan 17 Agustus yang memiliki manfaat untuk kesehatan?

Dikutip dari laman Promkes Kemkes, selain berdampak bagi kesehatan tubuh, perlombaan tradisional merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Nah, saat suasana hati senang, maka akan membuat pikiran juga sehat dan hal tersebut merupakan salah satu cara agar kamu terhindar dari risiko penyakit mematikan seperti jantung hingga kanker.

Baca juga: 17 Agustus ala Gen Z, Cus Coba 3 Clay Mask Ini Biar Glowing Pas Ikut Lomba!

Populer di Indonesia, berikut 3 lomba 17 Agustus yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Tarik tambang

Tarik tambang adalah perlombaan yang dimainkan 2 regu dan biasanya menjadi salah satu perlombaan yang wajib ada saat perayaan Hari Kemerdekaan.

Gerakan dalam tarik tambang ternyata sangat bermanfaat untuk melatih otot bahu, otot tangan dan kaki. Namun, tetap diperlukan kehati-hatian saat melakukan tarik tambang untuk menghindari tangan terkilir.

2. Bakiak

Jika dicermati, bakiak ternyata memiliki manfaat yang baik yaitu bisa melatih konsentrasi otak dan menciptakan mood menjadi lebih baik.

Di perlombaan ini, otak kita harus fokus untuk dapat menerima instruksi dari anggota tim lain secara bersama-sama menggerakkan salah satu kaki. Diperlukan kekompakan dalam permainan ini.

3. Balap karung

Permainan balap karung mewajibkan kamu untuk masuk ke dalam karung dan melompat dari satu sisi ke sisi lain. Permainan ini bermanfaat untuk membakar kalori.

Selain itu, balap karung juga sangat baik untuk melatih otot lengan, bahu, dada dan betis. Adapun manfaat lain dari balap karung adalah membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US