The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Hanya Sekedar Game, Bermain Kartu Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi bermain kartu. (Freepik)
Health

Tak Hanya Sekedar Game, Bermain Kartu Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Selasa, 09 Agustus 2022 21:00 WIB 09 Agustus 2022, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Bermain kartu merupakan salah satu permain yang sangat asyik untuk dimainkan bersama keluarga hingga sahabat. Meskipun kebanyakan orang menganggap permainan kartu hanya sebagai kegiatan hobi.

Tapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain kartu memiliki manfaat pendidikan, emosional, dan psikologis, mulai dari peningkatan keterampilan matematika hingga peningkatan rasa harga diri.

Dilansir IndiaTV, menurut Dr. Wilona Annunciation, MD, Konsultan Psikiater & Pendiri, CATALYSTS, bermain kartu dapat membantu kita meremajakan dan berdampak positif pada kesehatan mental.

Bermain kartu membantu memicu pelepasan hormon dopamin, sehingga merasa lebih optimis dan meningkatkan tingkat energi. Bermain kartu membantu kamu mengembangkan sikap positif serta membuat bersemangat untuk menghadapi berbagai tantangan.

Baca juga: 5 Game Mobile Terbaik yang Bagus untuk Kesehatan Mental Kamu

Misalnya, dalam permainan kartu klasik, kamu harus menghubungkan titik-titik dari kartu bukti dan berkas kasus, mempersempit daftar tersangka, menyingkirkan orang dengan melakukan investigasi, dan memecahkan misteri.

Sementara itu, permainan kartu juga cara terbaik untuk membina hubungan. Permainan dalam ruangan ini memunculkan sifat kompetitif beberapa orang sambil mencerminkan sifat membantu orang lain.

Manfaat lainnya dari bermain kartu ialah membantu menyimpan informasi yang dipelajari dengan lebih baik. Karena saat bermain kartu otak akan menghapal banyak angka.

Selain meningkatkan keterampilan memori dan menghilangkan stres, bermain kartu dapat meningkatkan matematika, penalaran logis, dan keterampilan berpikir kritis dan strategis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US