Rutin Olahraga Bisa Buat Sperma Lebih Sehat, Ini Faktanya
Ilustrasi dua pria sedang melakukan olahraga. (photo/Ilustrasi/Pexels/Pixabay)
Health

Rutin Olahraga Bisa Buat Sperma Lebih Sehat, Ini Faktanya

Senin, 13 Januari 2020 23:32 WIB 13 Januari 2020, 23:32 WIB

INDOZONE.ID - Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya kesehatan sperma pada pria. Studi sebuah jurnal bertajuk Human Reproduction (Reproduksi Manusia) edisi Desember 2019, menemukan pria muda yang rutin berolahraga juga cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih sehat.

Analisa Sampel

Analisa dilakukan berdasarkan rekam medis dan kualitas sperma. Studi menemukan, pria yang melakukan olahraga rutin dan mencatat waktu paling banyak melakukan latihan intensif memiliki motilitas sperma yang lebih baik daripada pria yang sedikit berolahraga.

"Olahraga teratur dapat meningkatkan parameter kualitas semen di antara pria sehat dan tidak subur," kata salah satu penulis studi Dr. Yi-Xin Wang dari Tongji Medical College of Huazhong University of Science and Technology di Wuhan, Cina, dan the Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston.

Sebanyak 746 peserta studi sukarela menjadi donor sperma potensial di Bank Sperma Manusia Provinsi Hubei di Cina. Rata-rata berusia 28 tahun dengan berat badan yang sehat.

Para peneliti bertanya kepada peserta seberapa sering mereka berolahraga, seberapa intens, serta kegiatan apa yang mereka lakukan. Pria yang paling tidak aktif hanya mendapat sekitar 526,5 MET menit, sedangkan pria yang paling aktif mendapat sekitar 7.082,3 MET menit.

Sementara itu, menurut Dr. Joan Khoo mengatakan orang-orang yang ingin hamil harus tetap mencoba menambah aktivitas fisik.

“Jika pekerjaanmu kebanyakan tidak bergerak, gunakan setiap kesempatan untuk keluar dari kursi atau kendaraan, berdiri, berjalan atau naiki tangga kapan pun Anda bisa." katanya

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU