PDEI Sebut Ada 7 Penyakit Pasca-Banjir yang Harus Diwaspadai
Warga melintasi jalanan yang tergenang banjir di Jalan Daan Mogot, Jakarta, Kamis (2/1/2020). INDOZONE/Arya Manggala
Health

PDEI Sebut Ada 7 Penyakit Pasca-Banjir yang Harus Diwaspadai

Apa saja ya?

Jumat, 03 Januari 2020 06:10 WIB 03 Januari 2020, 06:10 WIB

INDOZONE.ID - Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek selama dua hari belakangan ini dikhawatirkan tidak hanya menyebabkan kerusakan secara material, namun masyarakat juga perlu waspada pada penyakit yang akan timbul pasca-banjir ini.

Ada 7 peringatan yang disampaikan oleh dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dalam siaran pers yang diterima Indozone, Kamis (2/1/2020).

Potensi penyakit paska banjir yang akan muncul ini diantaranya:

  1. Leptospirosis yang disebabkan karena air banjir yang kotor bercampur dengan kotoran tikus dan sampah.
  2. Diare dan Demam Tifoid yang disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman serta kebersihan yang kurang higienis terutama karena selama banjir berlangsung banyak tumpukan sampah dan kotoran bercampur ke dalam rumah dan menempel di tubuh.
  3. Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Agepty yang berpotensi muncul akibat tumpukan sampah dan rongsokan di area yang lembab paska banjir.
  4. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) yang disebabkan oleh udara dingin bercampur dengan air beraroma kotor selama banjir berlangsung
  5. Asam Lambung dan Migren yang disebabkan karena umumnya korban banjir tidak mengonsumsi makanan sesuai gizi dan tidak makan tepat waktu. Hal ini umumnya banyak dialami oleh korban banjir usia produktif dan lansia.
  6. Flu dan demam yang disebabkan karena korban banjir terpapar air dan udara dingin cukup lama.
  7. Infeksi kulit yang terjadi akibat paparan dengan air banjir yang bercampur dengan kotoran manusia, hewan, juga sampah dan lumpur.

PDEI juga mengimbau kepada pemerintah daerah untuk ketersediaan air bersih, tempat pengungsian dengan  higienis dan sanitasi yang baik untuk masyarakat di wilayah terdampak banjir. 

"Saat ini tim medis PDEI sedang membangun posko kesehatan di beberapa wilayah, diantaranya Banten, Serang, Jakarta Pusat," kata dr Adib Khumaidi, SpOT.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Alwan
Ade Indra
Alwan

Alwan

Editor
Ade Indra

Ade Indra

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU