Suka Kunyah Es Batu? Kamu Harus Tau Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan
ilustrasi kebiasaan mengunyah es batu (doctorshealthpress)
Health

Suka Kunyah Es Batu? Kamu Harus Tau Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan

Jumat, 24 Januari 2020 15:25 WIB 24 Januari 2020, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Teriknya sinar matahari di siang hari, tentu akan menimbulkan rasa haus di tenggorokan. Kalau sudah begini, biasanya orang-orang akan mencari minuman dingin penghilang dahaga.

Selain minuman kemasan, es batu menjadi pilihan kedua yang sering dikonsumsi banyak orang ketika panas melanda. Sensasi dinginnya es batu memang bisa menghilangkan keringnya tenggorokan. Bahkan ada orang yang memilih mengunyah es batu untuk mendapatkan kesegarannya.

Tapi, kamu harus tau nih, ternyata mengunyah es batu nggak baik untuk kesehatan lho! Kebiasaan yang dikenal dengan nama pagophagia ini bahkan bisa mengganggu kesehatan jantung.

Nah, berikut ini masalah kesehatan lainnya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan mengunyah es batu.

1. Merusak gigi

es
ilustrasi gigi rusak karena mengunyah es batu (mydnaindian)

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang digunakan untuk mengunyah es batu. Namun kebiasaan ini bisa mengikis lapisan pelindung atau email gigi. Hilangnya email gigi akan menyebabkan gigi sensitif.

2. Kekurangan zat besi

jantung
ilustrasi orang gagal jantung karena kekurangan zat besi (pexels/freestocks.org)

Keseringan mengonsumsi es batu, bisa menyebabkan anemia defisiensi besi atau kekurangan zat besi. Penyakit ini ditandai dengan kuku yang mudah rapuh, mulut kering, kulit pucat dan pembengkakan pada lidah. Kekurangan zat besi, dapat menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti gangguan jantung, masalah kehamilan dan pertumbuhan yang terhambat.

3. Kehilangan selera makan

makan
ilustrasi orang tak nafsu makan (MomJunction)

Orang-orang yang terbiasa mengonsumsi es batu dalam jumlah besar, berisiko kehilangan selera makan. Kalau sudah begini, maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang lebih parah.

4. Tubuh jadi lemas

sakit
ilustrasi orang lemas (unsplash/Sharon McCutcheon)

Seperti yang dijelaskan di atas, mengunyah es batu dapat membuat seseorang kehilangan selera makan. Selain membuat berat badan jadi turun, terlalu banyak mengonsumsi es batu juga akan membuat tubuh lemas dan tak bertenaga.

5. Mengganggu sistem pencernaan

sakit
ilustrasi orang yang mengalami gangguan pencernaan (pixabay/Martin Budenbender)

Es batu yang biasa disajikan bersama dengan jus buah atau jenis es lainnya, memang dapat menghilangkan dahaga di tenggorokan. Tapi, kebersihan dari es batu dan campuran dalam minuman tersebut belum terjamin. Bisa saja air yang digunakan untuk membuat es batu berasal dari air mentah, hingga kamu jadi rentan terkena diare atau sakit perut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU