The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ramai Kopi Kekinian 1 Liter, Baikkah untuk Tubuh?
Ilustrasi minum kopi. (Freepik/diana.grytsku)
Health

Ramai Kopi Kekinian 1 Liter, Baikkah untuk Tubuh?

Ini penjelasannya.

Rabu, 03 Juni 2020 17:25 WIB 03 Juni 2020, 17:25 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini kopi ukuran 1 liter tengah populer di kalangan masyarakat. Banyak kedai kopi yang menyediakan menu tersebut dan para penikmat kopi pun seakan berbondong-bondong mendapatkannya. Tapi, apakah sebenarnya konsumsi 1 liter kopi bisa berdampak bagi kesehatan?

Spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah-Puri Indah, dr Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GK mengatakan, sekarang ini memang banyak kopi kekinian yang dijual dalam ukuran 1 liter. Namun sebenarnya, tujuan dijual ukuran 1 liter itu untuk dibeli oleh pencinta kopi dan kemudian disimpan. Bukan berarti kopi 1 liter harus dihabiskan saat itu juga.

“Kalau minum langsung 1 liter itu berbahaya karena kopi yang dibeli itu tidak tahu bagaimana penambaahan gula dan susunya, seberapa banyaknya,” ujar dr Raissa saat menjawab pertanyaan Indozone dalam webinar Menjaga Berat Badan Ideal saat #dirumahaja, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskan oleh dr Raissa, asupan gula ideal per hari maksimal 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan obesitas dan juga diabetes. Tentunya hal ini berdampak buruk bagi kesehatan.

Ramai Kopi Kekinian 1 Liter, Baikkah untuk Tubuh?
Ilustrasi minum kopi. (Pexels/Tirachard Kumtanom)

“Diibaratkan 1 cangkir kopi itu 1 sendok makan gula, berarti kalau kopi ukuran 1 liter gulanya sudah kelebihan. Maka dari itu jangan dihabiskan dalam satu waktu sekaligus,” kata dr Raissa.

Dirinya menambahkan, sebenarnya kopi yang paling baik bagi kesehatan adalah kopi hitam tanpa gula. Oleh karenanya, masih diperbolehkan konsumsi kopi hitam 1-2 cangkir per hari. Sekadar informasi, kandungan kafein dalam kopi khususnya kopi hitam dikatakan dapat melindungi jantung, menambah stamina berolahraga, dan mengurangi risiko kematian.

“Tapi kalau kopi yang sudah ada tambahan gula, krimer, dan susu jangan terlalu banyak dikonsumsi. Maksimal 1 cangkir per hari. Selebihnya bagi komposisi gula untuk makanan lain karena tadi ‘kan 1 sendoknya sudah untuk kopi,” pungkas dokter yang sering membagikan tips dan edukasi kesehatan di akun Instagram @dr.raissadjuanda itu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US