The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Timun Laut untuk Kesehatan
Ilustrasi timun laut. (Photo/Ilustrasi/Triged)
Health

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Timun Laut untuk Kesehatan

Sabtu, 16 Januari 2021 22:50 WIB 16 Januari 2021, 22:50 WIB

INDOZONE.ID - Meski jarang terdengar di telinga, ternyata ada bermacam manfaat timun laut bagi kesehatan. Timun laut bukanlah tanaman, melainkan hewan laut yang memiliki tekstur licin dan lunak.

Timun laut juga bisa digunakan untuk santapan segar atau bisa juga dikeringkan terlebih dahulu untuk ditambahkan ke dalam hidangan lain, seperti sup, semur, dan berbagai tumis-tumisan.

Dilansir dari Alodotker, timun laut juga mengandung nutrisi yang melimpah dan baik bagi kesehatan, seperti protein, asam lemak yang memiliki aktivitas antioksidan, seperti asam palmitat, asam stearat, dan asam linoleat.

Tak hanya itu, timun laut juga memiliki vitamin seperti vitamin A, B2, B3, mineral, hingga kalsium dan magnesium. Timun laut juga rendah kalori dan mengandung berbagai senyawa lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti fenol, flavonoid, kondroitin sulfat, squalene, dan triterpenoid.

Baca juga: Hal-hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Bercinta Dengan Pasanganmu

Berikut adalah manfaat timun laut yang bisa Anda peroleh dari kandungan nutrisinya:

1. Menjaga kadar gula darah normal

Berkat kandungan protein dan lemak sehatnya, timun laut juga bermanfaat untuk menjaga gula darah tetap stabil dan dalam kadar yang normal. Seperti yang disebutkan sebelumnya, protein mampu memperlambat proses pencernaan sehingga bisa mencegah lonjakan gula darah yang drastis saat makan.

2. Menjaga berat badan normal

Mengonsumsi makanan kaya protein, seperti timun laut, bisa membantu Anda menjaga berat badan normal. Pasalnya, makanan kaya protein mampu memperlambat pengosongan lambung, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari risiko makan berlebihan. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami obesitas juga akan lebih rendah.

3. Meredakan gejala osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit yang dapat mengganggu kenyamanan dan menghalangi seseorang menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal. Mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa kondroitin sulfat, seperti timun laut, dipercaya dapat membawa manfaat bagi penderita osteoarthritis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US