The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi: Terapkan Diet Mediterania Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe-2 pada Wanita
Ilustrasi makanan Mediterania (freepik)
Health

Studi: Terapkan Diet Mediterania Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe-2 pada Wanita

Sabtu, 21 November 2020 11:59 WIB 21 November 2020, 11:59 WIB

INDOZONE.ID - Pola makan sehat sangat disarankan bagi semua orang demi menjaga kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi makanan Mediterania dapat mengurangi risiko wanita terkena diabetes tipe-2 sebanyak 30 persen.

Konsumsi makanan seperti minyak zaitun, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang polong dan kacang-kacangan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

"Temuan mendukung gagasan bahwa dengan memperbaiki pola makan, orang dapat meningkatkan risiko diabetes Tipe-2 di masa depan, terutama jika mereka kelebihan berat badan atau mengalami obesitas," jelas peneliti dari Harvard Medical School di AS dilansir dari Express.

Peneliti mengikuti ahli kesehatan wanita selama 25 tahun untuk menentukan faktor biologis mana yang berperan.

Peserta diberi skor Diet Med dari nol hingga sembilan, dengan poin yang diberikan untuk makan lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan ikan.

"Sebagian besar dari penurunan risiko ini terkait dengan diet Mediterania dan diabetes tipe-2 dijelaskan melalui biomarker yang terkait dengan resistensi insulin, BMI, metabolisme lipoprotein, dan peradangan. Pemahaman ini mungkin memiliki konsekuensi hilir yang penting untuk pencegahan primer penyakit diabetes," jelas penulis pertama studi Dr Shafqat Ahmad, dari Universitas Uppsala, Swedia.

Para ilmuwan mengatakan temuan mereka, yang dipublikasikan di JAMA Network Open, membantu menjelaskan mengapa diet melindungi beberapa orang dari diabetes. Ini juga bisa digunakan para dokter untuk membuat rekomendasi diet yang lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US