The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mencegah Anak Berbohong, Berikut Ini 4 Langkah untuk Menghentikannya
Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Elly Fairytale)
Health

Mencegah Anak Berbohong, Berikut Ini 4 Langkah untuk Menghentikannya

Rabu, 23 September 2020 11:23 WIB 23 September 2020, 11:23 WIB

INDOZONE.ID - Semua orangtua pasti akan melalui tahap di mana menghadapi anak yang berbohong. Mengatakan kebohongan dan menyembunyikan kebenaran adalah masalah umum yang dialami anak-anak selama tahun-tahun awal mereka.

Nah, untuk menghentikan kebiasaan ini dan menanamkan kebiasaan jujur pada anak, berikut beberapa tipsnya yang sudah Indozone rangkum dari Times of India:

1. Mempraktikan kejujuran

Kejujuran adalah kebijakan terbaik yang harus diterapkan di dalam rumah. Dengan orangtua menerapkan aturan itu dan meminta semua orang untuk mempraktikannya. Maka anak kita akan meniru orang yang lebih tua dan menyerap apa yang dilihatnya.

2. Berikan contoh

Mengajarkan anak melalui contoh dan cerita merupakan cara terbaik untuk menyampaikan pesan. Karena dengan mengajarkan mereka dengan contoh mereka akan mengikuti apa yang orangtuanya contohkan.

3. Yakinkan dia untuk mengatakan yang sebenarnya

Umumnya anak-anak berbohong ketika mereka takut akan konsekuensi negatif. Mungkin saja mereka takut dimarahi jika mengungkapkan kebenaran. Untuk itu, orangtua harus meyakinkan anak kamu bahwa tidak ada konsekuensi negatif yang akan didapatkan. Hal ini akan membuat anak kamu merasa nyaman untuk mendiskusikan masalahnya denganmu.

4. Cari tahu alasan di baliknya

Seringkali anak berbohong karena alasan tertentu. Mulai dari membual tentang berbagai hal hingga menghindari tanggung jawab. Untuk itu cari tahu alasan di balik kebohongan mereka yang terus-menerus dan bantu mereka menjinakkan kebiasaan itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US