The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mudah Banget Cegah Kanker, Dokter Aldrin: Kaum Milenial Jangan Stres!
Ilustrasi kanker. (Freepik)
Health

Mudah Banget Cegah Kanker, Dokter Aldrin: Kaum Milenial Jangan Stres!

Sabtu, 06 Agustus 2022 16:00 WIB 06 Agustus 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Pencegahan kanker perlu dilakukan sejak dini, khususnya bagi generasi milenial dan juga gen Z. Kuncinya mudah, kamu tidak boleh terlalu sering stres dan menghindari faktor risiko lain. 

Belum lagi menjamurnya restoran cepat saji membuat generasi saat ini lebih suka mengonsumsi junk food. Kebiasaan makan ini lah yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker, seperti kanker payudara.

Menurut dr. Aldrin Neilwan Panca Putra, Sp.Ak., MARS, M.Biomed, M.Kes., SH, Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, untuk mencegah kanker milenial dan Gen Z harus mengenali faktor risiko kanker.

"Yang paling penting kenali faktor risiko kanker, hindari faktor risiko dan selalu melakukan deteksi dini secara teratur," ujar dr. Aldrin saat ditemui di acara talkshow terkait kanker yang diselenggarakan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), Sabtu (6/8/2022).

Dia juga menjelaskan, faktor risiko kanker yang harus diketahui oleh milenial dan Gen Z agar dapat mencegah kanker sedini mungkin.

Baca juga: Cegah Kanker Sejak Dini dengan Minum Kefir, Minuman dari Susu yang Difermentasi

"Paling banyak adalah diet, pemilihan makanan yang salah, baik jenisnya, jumlahnya serta cara pengolahannya," jelasnya.

dr. Aldrin juga menyarankan para milenial untuk tidak merokok. Karena menurutnya, rokok jadi penyebab kedua kanker. Tak hanya itu, dia juga menyarankan agar generasi milenial rajin berolahraga serta menghindari stres.

"Jadi, kaum milenial jangan stres," tambahnya.

dr. Aldrin juga menyarankan generasi milenial untuk melakukan deteksi dini secara berkala. Langkah tersebut penting dilakukan karena kanker stadium awal umumnya tidak bergejala.

Kanker merupakan penyakit berbahaya dan mematikan yang dapat menyerang siapa saja, termasuk generasi milenial dan Gen Z.

dr. Aldrin menjaskan bahwa kanker meningkat tinggi pada negara berkembang. Sementara itu, kanker terbanyak di Indonesia sendiri ialah kanker payudara diurutan pertama, kemudian urutan kedua ialah kanker serviks, kemudian ada kanker paru dan kanker usus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Fitri
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US