The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Cara Menaikkan Trombosit secara Alami, Imun Jadi Kuat!
Ilustrasi cek nadi (unsplash.com/@hieptltb97)
Health

Ini Cara Menaikkan Trombosit secara Alami, Imun Jadi Kuat!

Kisaran normal trombosit ada pada angka 150.000-450.000

Jumat, 13 Mei 2022 21:12 WIB 13 Mei 2022, 21:12 WIB

INDOZONE.ID - Trombosit adalah keping sel darah yang menjadi salah satu pemeran utama dalam proses pembekuan darah. Trombosit pada tubuh tentu harus tercukupi agar pembekuan darah tidak terganggu. 

Trombosit normal berada dikisaran 150.000-450.000, yang mana angka tersebut menggambarkan jumlah keping darah dalam 1 mikroliter darah pada tubuh. 

Jika pada 1 mikroliter darah hanya mengandung 150.000 keping darah, maka dapat  dikatakan kekurangan trombosit atau trombositopenia. 

Saat mengalami penurunan trombosit dan kondisi tubuh tidak terlalu parah, kamu dapat melakukan beberapa cara menaikkan trombosit berikut ini, seperti dilansir dari sehatq.com

1. Konsumsi Makanan Mengandung Berbagai Vitamin

cara menaikkan trombosit
Ilustrasi makanan sehat (unsplash.com/@pwign)

Asam folat adalah bentuk dari vitamin B yang berfungsi untuk memastikan sel darah selalu prima. 

Kamu bisa mendapatkan kandungan ini dengan memakan sayuran hijau, seperti bayam, kacang polong, nasi, ragi, sereal, hati sapi, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi bahan makanan seperti daging, hati sapi, telur, makanan laut seperti kerang, ikan trout, salmon, dan tuna untuk membantu pembentukan formasi sel darah. Ini berfungsi untuk memenuhi kebutuha vitamin B12 dan D secara alami.

Di sisi lain, cara menaikkan trombosit agar sistem imun tetap kuat, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, kiwi, anggur, dan stroberi. Ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C secara alami.

2. Jaga Asupan Vitamin 

cara menaikkan trombosit
Ilustrasi vitamin (unsplash.com/@kaylamaurais)

Cara menaikkan trombosit selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Jika sebelumnya asam folat atau vitamin bisa didapat secara alami dari sayuran, kamu juga bisa mendapatkannya melalui suplemen asam folat. 

Tetapi, tingkat konsumsinya perlu dibatasi, yaitu 400 mikrogram atau 600 mikrogram untuk ibu hamil. 

Selain suplemen asam folat, kamu juga bisa menaikkan trombosit dengan cara mengkonsumsi vitamin B12, K, C, dan D. 

Vitamin B12 berfungsi untuk membentuk formasi sel darah dan vitamin K berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan membantu pembekuan darah. 

Selain itu, vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan trombosit dan vitamin D untuk memaksimalkan kinerja sistem imun yang dapat memperkuat tulang hingga sumsum tulang belakang. 

3. Memakan Makanan Mengandung Zat Besi 

cara menaikkan trombosit
Ilustrasi kerang (id.wikipedia.org)

Zat besi dalam tubuh berfungsi untuk menyehatkan sel darah merah sera keping darah merah, sehingga ini dapat menjadi salah satu cara menaikkan trombosit secara alami

Makanan yang mengandung zat besi diantaranya, kerang, lentil, tahu, kacang merah, dan hati sapi. 

4. Jauhkan Minuman dan Obat Tertentu

cara menaikkan trombosit
Ilustrasi minuman alkohol (unsplash.com/@picoftasty)

Cara menaikkan trombosit yang terakhir adalah dengan menghindari minuman dan obat tertentu yang dapat menurunkan jumlah keping darah. 

Pada minuman, kamu dapat menghindari  seperti minuman mengandung quinine, alkohol, jus cranberry, hingga susu sapi. 

Sedangkan pada obat, kamu perlu menghindari obat yang mengandung aspirin dan ibuprofen. Obat ini dipercaya dapat mengganggu fungsi trombosit sebagai pembeku darah pada tubuh. 

Itulah beberapa cara menaikkan trombosit secara alami yang bisa kamu lakukan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US