The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Kelompok Ini Disarankan CDC Untuk Dapat Vaksin Booster Dosis 4
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) (REUTERS/Tami Chappell)
Health

4 Kelompok Ini Disarankan CDC Untuk Dapat Vaksin Booster Dosis 4

Selasa, 02 November 2021 09:34 WIB 02 November 2021, 09:34 WIB

INDOZONE.ID - Bila saat ini vaksin booster dosis ke-3 masih jadi perbincangan oleh WHO, justru CDC menyarankan dosis keempat untuk empat kelompok ini. Siapa-siapa saja ya yang wajib dapat dosis keempat?

Ternyata Centers for Disease Control and Prevention AS (CDC) menyarankan dosis keempat untuk orang-orang dengan gangguan kekebalan sedang atau parah. Mereka menyarankan menyuntikkan vaksin Pfizer atau Moderna.

Berdasarkan studi dari Johns Hopkins University yang dikutip dari laman CNBC, disebutkan bahwa orang dengan yang mengalami gangguan kekebalan yang telah divaksin berisiko lebih besar masuk rumah sakit dan meninggal ketika terinfeksi COVID-19, ketimbang orang kebanyakan yang telah divaksin.

Dari hasil penelitian, terlihat bahwa vaksin booster meningkatkan respons antibodi dari orang pada kelompok tersebut. Adapun saran yang diberikan berupa penyuntikan dosis keempat 6 bulan setelah penyuntikan dosis ketiga.

"Orang yang termasuk ke dalam golongan dengan gangguan kekebalan sedang hingga berat di antaranya adalah mereka yang dalam pengobatan kanker aktif untuk kanker darah atau tumor, transplantasi organ tertentu dan penerima sel induk, orang dengan HIV lanjut atau tidak diobati, dan mereka yang menggunakan kortikosteroid dosis tinggi atau obat lain yang dapat menekan sistem kekebalan mereka," kata CDC.

CDC juga mengatakan agar orang yang mengalami gangguan sistem kekebalan untuk menghindari keramaian dan ruang berventilasi buruk. Mereka juga diwajibkan untuk mengenakan masker baik di ruang publik maupun di dalam ruangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US