The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Lima Vaksin yang Dapat Izin BPOM Sebagai Booster
Petugas kesehatan memegang botol berisi vaksin COVID-19 dari Sinovac. (ANTARA/FRANSISCO CAROLIO)
Health

Berikut Lima Vaksin yang Dapat Izin BPOM Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 20:05 WIB 18 Januari 2022, 20:05 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito menyebutkan lima jenis vaksin yang telah mendapatkan izin BPOM untuk digunakan sebagai booster atau dosis ketiga.

“Vaksin covid booster yang sudah disetujui oleh BPOM. Jadi pada tanggal 10 dan 11 Januari, BPOM sudah rilis lima jenis vaksin untuk booster,” kata Penny dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Penny menyatakan vaksin booster yang diberikan dengan ketentuan. Seperti halnya sudah berusia 18 tahun ke atas dan sudah menerima vaksin dua dosis diatas 6 bulan.

Adapun lima jenis vaksin yang bisa digunakan booster adalah Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Zivifax. Jumlah dosis yang diberikan dari masing-masing jenis vaksin, beserta penggunaan yang homolog ataupun heterolog.

“Pertama sinovac sebagai booster homolog dengan regimen satu dosis,. Kedua vaksin pfizer untuk booster homolog adalah full dosis, sebagai booster heterolog vaksin primer AstraZeneca dan sinovac regiment setengah dosis,” jelas dia.

BACA JUGA: Siswa SD Meninggal Usai Vaksinasi di Tasik, Komnas KIPI Janji Ungkap Hasil Investigasi

Kemudian diterangkan Penny, vaksin AstraZeneca sebagai homolog booster dengan satu dosis. Sebagai heterolog dengan vaksin primer Sinovac dan satu dosis untuk vaksin premier pfizer.

Keempat, tutur Penny, vaksin Moderna dipakai untuk booster homolog dengan jumlah setengah dosis, lalu booster heterolog setengah dosis untuk vaksin primer AstraZeneca, Pfizer, atau Janssen.

“Kelima vaksin Zifivax digunakan sebagai booster heterolog untuk vaksin primer Sinovac dan Sinopharm dengan jumlah satu dosis. Ini berdasarkan data hasil uji klinik yang kami terima,” beber Penny.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US