The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Berhasil, Berikut Ini Faktanya
Babi (Photo by Barbara Barbosa from Pexels)
Health

Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Berhasil, Berikut Ini Faktanya

Jumat, 22 Oktober 2021 14:51 WIB 22 Oktober 2021, 14:51 WIB

INDOZONE.ID - Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini telah terjadi transplantasi ginjal babi ke manusia. Hal ini pun berhasil dilakukan tanpa ada masalah sama sekali. Nah, ketahui fakta-faktanya yuk!

Yang pertama adalah proses untuk mendapatkan hasil normal dibutuhkan waktu tiga hari. Pasalnya ginjal babi tersebut dibiarkan tetap berada di luar tubuh agar para ilmuwan bisa mengaksesnya namun ginjal tersebut tetap terhubung dengan pembuluh darah pasien.

Menariknya, ginjal tersebut bisa menghasilkan urine dalam jumlah sesuai yang diharapkan. Demikian juga kadar creatinin yang semula abnormal, menandakan kerusakan fungsi ginjal, sudah kembali normal.

Yang kedua adalah bahwa hal ini sudah diteliti sudah cukup lama. Namun selalu ada penolakan terhadap tubuh manusia. Hingga akhirnya dilakukanlah modifikasi genetik yang disebut GalSafe. Alhasil proses ini pun bisa dilakukan.

Fakta ketiga adalah pasien yang menerima ginjal babi tersebut mengalami kematian otak, dengan gejala disfungsi ginjal. Dengan tujuan menyelamatkan pasien, akhirnya dilakukan prosedur tersebut yang pastinya disetujui oleh pihak keluarga.

Fakta keempat adalah keberhasilan ini menjadi sebuah harapan baru terkait kelangkaan donor organ. Apalagi sekarang waktu tunggu organ bisa mencapai 3-5 tahun.

Dengan penemuan baru ini diharapkan sudah tak ada lagi kelangkaan organ bagi orang-orang yang sangat membutuhkannya untuk bertahan hidup.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US